Jumat, 29 Desember 2017

Uji Fungsi Prototipe ‘Mobile Hyperbaric Chamber’

Puslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan melaksanakan uji fungsi prototipe Mobile Hyperbaric Chamber di Bogor, Jawa Barat hasil kerja sama litbang dengan PT Samodra Wewaca Kusuma pada tanggal 21 Desember 2017.

Acara dihadiri oleh Kapuslitbang Alpalhan Brigadir Jendral TNI Abdullah Sani, Kalakesla Kolonel Laut (K) dr. Herjunianto, Sp.PD, MMRS, Kabid Matra Laut Puslitbang Alpalhan Kolonel Laut (KH) Ir. Indra Usmansyah, Perekayasa Madya Puslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan Kolonel Inf Yan Namora, Tim OJT dan Tim PPHP serta PT Samodra Wewaca Kusuma.

Prototipe Mobile Hyperbaric Chamber adalah sistem terapi medis dengan memasukan pasien ke dalam suatu ruangan khusus untuk menghisap oksigen tekanan tinggi (100%) atau pada tekanan barometer tinggi (hyperbaric chamber) yang diangkut dalam kendaraan yang dirancang khusus. Mobile Hyperbaric Chamber digunakan untuk terapi di lapangan sehingga dapat bergerak dinamis kemana diperlukan, selain itu dilengkapi dengan kendaraan pendukung berupa kendaraan Hyperbaric Supporting untuk mengangkut pasien.

Uji fungsi prototipe Mobile Hyperbaric Chamber meliputi uji Sistem Hyperbaric Chamber, uji kendaraan dan uji kekedapan. Namun setelah dilakukan uji fungsi tersebut masih ditemukan beberapa titik kebocoran pada Sistem Hyperbaric Chamber dan masih ada sistem mekanik yang belum berfungsi seperti yang diharapkan, sehingga perlu dievaluasi dan dilakukan penyempurnaan agar mencapai standar kelaikan operasional Mobile Hyperbaric Chamber.

   Kemhan  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...