Rabu, 13 Desember 2017

Kemhan dan PT Infoglobal Laksanakan Uji Fungsi Unmanned Survace Vehicle (USV)

Balitbang Kemhan bekerja sama dengan PT Infoglobal melaksanakan kegiatan penelitian dan pengembangan (litbang) uji fungsi model 1 : 10 Unmanned Survace Vehicle (USV), di Laboratorium Hidrodinamika Indonesia, BPPT, Komplek ITS Surabaya Jawa Timur.

Kegiatan uji fungsi USV ini disaksikan oleh Kabalitbang Kemhan Dr. Anne Kusmayati, Sekretaris Balitbang Kemhan Laksma TNI Ir. A.Budiharja Raden, Kapuslitbang Iptekhan Balitbang Kemhan Marsma TNI Bambang Wijanarko, SE, ST, M.Si.(Han), Kabid Dager Puslitbang Iptekhan Kolonel Chb Achmad Agung Santoso, S.E., M.Sc., Kabag Datin Kolonel Inf Fatih El Amin, S.Ip., M.Si., Peneliti Madya Puslitbang Iptekhan Kolonel Arh Sriwahyanto, S.T., M.M, Tim PT. Infoglobal dan personel yang terkait.

Unmanned Survace Vehicle (USV) merupakan sebuah wahana tanpa awak yang dioperasikan pada permukaan air. USV dikendalikan otomatis dengan memberikan perintah-perintah seperti waypoint melalui ground control. USV selain dapat digunakan sebagai pengawasan juga dapat digunakan untuk kapal riset, pertahanan dan pencegahan.

Wahana yang digunakan pada penelitian ini menggunakan model Trimaran, yaitu kapal dengan 3 lambung kapal 2 bagian side hull dan 1 bagian main hull. Kapal berjenis ini lebih efisien dan efektif. Perlengkapan meliputi sistem propulsi, sistem navigasi dan sistem control. Perangkat yang terpasang pada wahana dikendalikan dengan menggunakan sebuah portable remote.

Sasaran akhir dari pembuatan model USV ini mampu mewujudkan kemandirian industri pertahanan, meningkatkan kemampuan pertahanan negara. Litbang pembuatan model USV merupakan salah satu langkah inovatif yang bernilai strategis dalam membangun penguasaan teknologi perkapalan sehingga dengan adanya kegiatan ini dapat mengakselerasi kemampuan dan juga dapat memenuhi kebutuhan perkapalan nasional di masa mendatang.
 

  Kemhan  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...