Jumat, 02 Juni 2017

Perbatasan Filipina Masih Kondusif

4 Hari Operasi TNI AU dengan pesawat pengintai https://akcdn.detik.net.id/community/media/visual/2017/06/02/60910564-7186-47f6-9de4-a1943a748dbc.jpeg?w=780&q=90Pesawat Boeing 737 intai TNI AU. (Dok. Skadron 5) ☆

TNI AU mengerahkan pesawat pengintai untuk mengantisipasi pergerakan anggota ISIS dari daerah Marawi, Filipina, ke Indonesia, lewat perbatasan di wilayah Sulawesi Utara. Sejauh ini, belum ada indikasi pergerakan kelompok ISIS di perbatasan.

Patroli Maritim dengan pesawat pengintai milik Skadron 5 Makassar melakukan pengintaian di Perairan Utara Manado. Operasi yang disebut sebagai Kilat Badik itu sudah berlangsung selama 4 hari.

"Sementara baru 4 hari terlaksana. Rata-rata setiap satu kali penerbangan (durasi) 3 jam. Ke perbatasan-perbatasan Filipina Selatan," ungkap Komandan Skadron 5, Letkol Pnb HLP Ambarita dalam perbincangan dengan detikcom, Jumat (2/6/2017).

4 Hari Pesawat Intai Patroli, Perbatasan Filipina Masih KondusifOperasi TNI AU dengan pesawat pengintai. (Dok. Skadron 5)

Selama 4 hari operasi ini, kondisi di Perairan Sulawesi perbatasan dengan Filipina masih kondusif. Memang ada sejumlah kapal yang melintas baik dari atau ke Filipina.

"Tetapi masih normal, belum ada indikasi yang mencurigakan," jelas Ambarita.

Pesawat Boeing 737-200 intai dalam operasi Kilat Badik berangkat dari Lanud Sam Ratulangi, Manado. Menurut Ambarita, pengintaian juga dilakukan hingga ke Pulau Miangas, Sulut, salah satu pulau terdepan yang berbatasan langsung dengan Filipina.

"Dari hasil pengamatan di sekitar Pulau Miangas belum ditemukan hal-hal yang dikhawatirkan akan adanya pergerakan anggota ISIS dari Filipina yang melarikan diri menuju ke wilayah kedaulatan Indonesia," terangnya.

4 Hari Pesawat Intai Patroli, Perbatasan Filipina Masih KondusifOperasi TNI AU dengan pesawat pengintai. (Dok. Skadron 5)

Selain ke Miangas, pengintaian juga dilakukan sepanjang rute Pulau Marampit dan Pulau Marore, Sulut. Hingga saat ini belum ada aktivitas yang perlu dikhawatirkan.

"Hanya ditemukan satu kapal nelayan yang sedang beraktivitas di perairan dekat Pulau Marore," kata Ambarita.

"Operasi pengamatan akan dilanjutkan selama beberapa hari ke depan untuk meningkatkan kewaspadaan," imbuhnya.

Operasi Kilat Badik tersebut dipimpin oleh kapten pilot, Mayor Pnb Hendro Sukamdani. Total ada 14 kru yang terlibat dalam penerbangan untuk operasi pengintaian tersebut.

Setelah 4 hari operasi dilakukan, menurut Hendro, kondisi pulau terdepan dinyatakan aman. Dia dan tim tidak menemukan hal-hal yang mencurigakan baik di pelabuhan maupun sepanjang pantai.

4 Hari Pesawat Intai Patroli, Perbatasan Filipina Masih KondusifKapal nelayan teridentifikasi dari pesawat pengintai. (Dok. Skadron 5)

"Dalam kondisi aman terkendali. Tidak ada kegiatan mencurigakan dari Filipina yang mengarah ke Indonesia. Selain itu keadaan infrastruktur dalam keadaan baik dan stabil," tutur Hendro saat dihubungi terpisah, Jumat (2/6).

Untuk itu, Hendro meminta warga agar tidak khawatir mengenai gejolak yang ada di Filipina. Masyarakat diminta untuk beraktivitas seperti biasanya.

"Tidak ada sedikitpun gejolak. Masyarakat dapat melakukan kegiatan rutinnya dengan aman," tutup Hendro. (elz/fjp)

  detik  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...