Senin, 23 Januari 2017

Latihan Pra Tugas Pengamanan Perbatasan Laut Koarmatim Ditutup

Kapal selam TNI AL turut serta dalam latihan pengamanan [@yerywahyudi] ★

U
sai melaksanakan Manuver Lapangan (Manlap) di Laut Karimun Jawa, Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Darwanto, S.H., M.A.P., selaku Komandan Latihan (Danlat) resmi menutup Latihan Pra Tugas (Latpratugas) Satuan Tugas (Satgas) Operasi (Ops) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Laut Koarmatim Tahun 2017 yang dimulai sejak tanggal 9 s.d. 21 Januari 2017. Acara penutupan tersebut berlangsung di Audiotorium Pusat Latihan Kapal Perang (Puslat Kaprang), Kolatarmatim. Ujung Surabaya. Senin, (23/01/2017).

Pangarmatim dalam amanatnya menyampaikan, ”Latpratugas ini merupakan salah satu bentuk penyiapan satuan-satuan operasional sebelum melaksanakan suatu tugas operasi yang sebenarnya. Hal ini mutlak diperlukan mengingat penugasan ke depan yang sangat berat, seiring perkembangan dinamika lingkungan strategis yang kompleks sehingga diharapkan mampu mengantisipasi tugas-tugas dalam operasi pengamanan perbatasan serta untuk meningkatkan kesiapsiagaan operasional di wilayah timur perairan yurisdiksi nasional indonesia”.

Lebih lanjut, Latpratugas operasi pengamanan perbatasan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan yang handal secara terintegrasi dalam rangka mencapai kesiagaan operasional, guna menunjang pelaksanaan tugas operasi di daerah perbatasan wilayah laut Malaysia-Indonesia dan Philipina-Indonesia secara berhasil serta berdaya guna.

Janganlah cepat puas dengan apa yang telah dicapai, akan tetapi laksanakan latihan secara terus menerus dan berkelanjutan, agar profesionalisme prajurit tetap terjaga, serta adakan analisa yang rasional tentang kekurangan yang terjadi selama latihan dan dirumuskan dalam bentuk saran serta kajian sebagai referensi peningkatan latihan berikutnya. Terus libatkan seluruh Perwira Remaja khususnya Korps Pelaut dalam setiap kegiatan latihan guna memupuk naluri tempur dan profesionalitas sejak dini”, tegasnya.

https://3.bp.blogspot.com/-oEW7w9_pAYc/WIYyJeBzjUI/AAAAAAAAJ6E/OLfUTGORPLcozIbRBM7hY7VbuPKK7OFDQCLcB/s1600/kri-fatahillah-361-koarmatim.jpegKRI Fatahillah 361 dalam Latihan Pra Tugas Pengamanan Perbatasan Laut Koarmatim. (koarmatim)

Dengan melibatkan unsur-unsur Koarmatim diantaranya, KRI Ahmad Yani (AMY)-351, KRI Fatahillah (FTH)-361, KRI HIU-634, KRI AJAK-653, KRI Tongkol (TKL)-813, KRI Sura-802, Kapal Selam KRI Nanggala-402, Helly BO-105, Cassa 212 dan CN 235, serta 1 Pleton Marinir dan 2 Tim Kopaska Koarmatim. Dalam Manlap yang digelar tanggal 19 s.d. 21 Januari 2017.

Selama di daerah latihan 2 pesawat Cassa dan 1 pesawat Barong-30 TNI AL sebagai pesawat musuh membayangi iring-iringan Kapal Perang saat melaksanakan formasi 1, sehingga KRI FTH-361 yang pertama kali menagkap keberadaan 3 pesawat dari radar udara selanjutnya melaporkan kepada Wadanlat-1 Kolonel Laut (P) Ariantyo Condrowibowo yang on board di KRI AMY-351 memerintahkan peran tempur bahaya udara kepada seluruh kapal perang yang konvoi, tidak perlu waktu lama akhirnya pesawat-pesawat musuh meninggalkan perairan Indonesia.

Satgas Ops Pamtas Laut Malaysia-Indonesia dan Philipina-Indonesia juga melaksanakan evakuasi medis dari udara terhadap prajurit KRI FTH-361 yang mengalami luka sobek di kaki yang kemudian dilaksanakan operasi kecil oleh tim kesehatan KRI AMY-351.

Selain itu, serial latihan yang digelar oleh unsur-unsur Koarmatim diantaranya Gun exercise oleh KRI FTH-361 dengan meriam 120 mm dan KRI AMY-351 dengan meriam 76 mm, serta unsur-unsur lainnya dengan penembakan masing-masing 10 butir peluru. Latihan dilanjutkan peran pembekalan di laut atau Replenishment at Sea (RAS) antara (2 kapal) yaitu KRI AMY-351 dengan KRI FTH-361. Sedangkan RAS antara (3 kapal) yaitu KRI TKL-813, KRI HIU-634 dan KRI Sura-802. Pada latihan tersebut juga dilaksanakan Visit, Board, Search, and Seizure (VBSS) oleh KRI TKL-813 yang memeriksa KRI AMY-351 yang disimulasikan sebagai kapal ikan asing, maupun KRI AMY-351 melaksanakan pemeriksaan terhadap KRI FTH-361.

Hadir dalam acara tersebut, Kasarmatim Laksma TNI I.N.G. Ariawan,S.E.,M.M,Komandan Guspurlatim Laksma TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han), Koorsahli Pangarmatim Kolonel Marinir Tory Subiyantoro, para Pejabat Utama Koarmatim, para Komandan Unsur yang terlibat dan seluruh peserta Latpratugas Operasi Satgas Pamtas Laut Koarmatim.

  Koarmatim  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...