Selasa, 11 Oktober 2016

[Dunia] Seoul Memprotes Penenggelaman Kapal Penjaga Pantai Korsel oleh Kapal Cina

http://worldimg.kbs.co.kr/src/images/news/201610/161010093306_k31.jpgSeoul memprotes tindakan sebuah kapal Cina yang menabrak sebuah kapal patroli penjaga pantai milik Korea Selatan hingga tenggelam pada minggu lalu.

Kementerian Luar Negeri Korea Selatan pada hari Minggu (9/10/2016) menyatakan bahwa pihaknya telah memanggil konsul jenderal Cina di Seoul untuk menyapaikan protes secara resmi terkait insiden tersebut, serta meminta pemerintah Cina untuk berperan aktif dalam mencegah terulangnya kasus yang sama.

Diketahui pemerintah Beijing telah menyampaikan penyesalan atas kejadian itu serta berjanji untuk memperkuat pengawasan dan razia terhadap penangkapan ikan ilegal di perairan Korea Selatan oleh kapal-kapal nelayan Cina.

Kemenlu Seoul akan melakukan konsultasi dengan badan-badan pemerintah terkait, termasuk Penjaga Pantai dan Kementerian Maritim dan Perikanan, serta melanjutkan upaya-upaya diplomatik untuk membasmi kegiatan melanggar hukum itu.

Sebuah kapal Penjaga Pantai Korea Selatan tenggelam di perairan Laut Barat, dekat pulau Socheongdo pada hari Jumat (7/10/2016) saat melakukan razia terhadap kapal-kapal penangkap ikan Cina, setelah ditabrak oleh kapal nelayan Cina dari belakang.

  KBS  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...