Senin, 22 Agustus 2016

Korps Marinir Latihan Bersama Dengan US Army Special Forces

⚓️ Balance Lantern Iron 16-2444 Prajurit Intai Amfibi Marinir Indonesia mengadakan latihan bersama dengan Special Force Group US Army di Pusat Latihan Tempur Korps Marinir Lampon, Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (22/08/2016).

Latihan Bersama yang bersandikan “Balance Lantern Iron 16-2444” tersebut secara resmi dibuka oleh Komandan Pasmar-1 Brigadir Jenderal TNI (Mar) Lukman, S.T.,M.Si (Han).

Dalam amanatnya, Komandan Pasmar-1 mengatakan, sebagai salah satu kegiatan latihan terjadwal antara Korps Marinir TNI AL dengan Special Force Group US Army, latihan bersama Balance Lantern Iron 16-2444 memiliki manfaat besar baik dalam meningkatkan hubungan bilateral dua Negara maupun dalam meningkatkan taktik, teknik dan prosedur operasi militer. Latihan bersama yang akan dilaksanakan selama 33 hari itu, merupakan momen yang sangat baik untuk melatih skill perorangan sampai dengan Tim.

Menurut orang nomor satu di Pasmar-1 itu, bahwa kerja sama dan pemahaman antar kedua belah pihak akan sangat menunjang tercapainya tujuan latihan yang menitikberatkan pada peningkatan kemampuan teknik dan taktik operasi khusus baik di aspek darat, laut maupun udara.

Guna mendukung terlaksana dan tercapainya tujuan latihan bersama, Komandan Pasmar-1 menyampaikan beberapa penekanan yang harus diperhatikan, yaitu pertama, memperhatikan faktor keamanan disetiap kegiatan baik administrasi maupun taktis. Kedua, menjalin komunikasi dan hubungan baik antara Korps Marinir dan US Army. Ketiga, menjunjung tinggi budaya kearifan lokal dan menjaga hubungan harmonis dengan masyarakat dalam melaksanakan kegiatan. Keempat, memelihara dan meningkatkan dan kebanggaan sebagai prajurit Korps Marinir TNI AL.

Dan yang tidak kalah pentingnya, utamakan faktor keamanan, sehingga latihan bersama ini dapat berjalan dengan lancar dan benar-benar zero accident.” tegasnya.

Sebelum mengakhiri amanatnya, Komandan Pasmar-1 menyampaikan ucapan selamat berlatih kepada seluruh peserta latihan, dengan harapan mampu menyerap semua materi yang dilatihkan.

Sementara Komandan Satgas Latihan Letkol Mar Rivelson Saragih mengatakan, tujuan latihan Balance Lantern Iron 16-2444 yang akan berlangsung hingga 23 September 2016 tersebut yaitu untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan teknik serta taktik operasi khusus aspek media darat dan laut bagi personel Taifib.

Materi yang akan dilatihkan, lanjutnya, meliputi teori di kelas dan praktik di lapangan,untuk teori meliputi Tactical Combat Casuality Care (TCCC), Helo Insertion, Radio Communication Technique dan Combat Patrol, sedangkan untuk praktek di lapangan, materinya meliputi Marksmanship, Close Quarter Battle (CQB), Military Operation In Urban Terrain (MOUT), Seashore Operations, Swamp Forest Patrol, Helo Insertion, Sea and Jungle Survival dan Full Mission Profile.

(Dispen Kormar)

  ⚓️ TNI AL  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...