Selasa, 21 Juni 2016

[RIP] "Musuh Nomor 1" Abu Sayyaf Dibunuh di Filipina Selatan

Letkol Cristobal Julian Paolo Tiny Perez, tentara Filipina yang dijuluki musuh nomor 1 Abu Sayyaf. (The Star)

Seorang tentara Filipina yang dijuluki “musuh nomor 1” Abu Sayyaf dibunuh di luar rumahnya di Filipina selatan.

Tentara bernama Letkol Cristobal Julian Paolo “Tiny” Perez merupakan tentara yang memimpin berbagai operasi pengejaran terhadap militant Abu Sayyaf tahun 2000-2004.

Jika saya menyerbu, ikuti saya. Jika saya goyah, desak saya. Jika saya mundur, bunuh saya,” demikian kutipan favorit Perez ketrika sedang menjalankan misi tempur.

Dia dijuluki sebagai musuh nomor 1 kelompok Abu Sayyaf di Basilan, karena operasi yang dia pimpin tahun 2000-2004 mengakibatkan kematian sejumlah bandit Abu Sayyaf.

Pada Senin malam, Perez, 46, ditembak dan dibunuh oleh pria yang menaiki sepeda motor di luar kediamannya, di Buenbrazo, di Barangay (desa) Guiwan, di Zamboanga City, Filipina selatan. Polisi masih menyelidiki serangan itu.

Perez tercatat sebagai lulusan Akademi Militer Filipina 1993.

Jose Manuel Mamauag, mantan komisioner hak asasi manusia, mengingat tekad Perez untuk mendaftar di kelas HAM.

Dia pembela hak asasi manusia dalam seragam militer,” kata Mamauag, seperti dikutip Inquirer, Selasa (21/6/2016). (mas)

  ★ sindonews  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...