Rabu, 22 Juni 2016

Militan Abu Sayyaf Sandera Tujuh WNI Asal Samarinda

http://assets.kompas.com/data/photo/2016/06/22/162227520160621-150134780x390.jpgKeluarga korban penculikan berkumpul mencari berita terkini [ kompas]

Tujuh warga Samarinda, Kalimantan Timur, disandera oleh militan teroris asal Filipina–Abu Sayyaf. Ketujuh orang tersebut merupakan Anak Buah Kapal (ABK) TB Charles, milik perusahaan pelayaran PT PP Rusianto Bersaudara.

Ketujuh orang tersebut disergap dan disandera Abu Sayyaf di perairan Filipina, kemudian salah satu dari korban yakni juru mudi kapal yang bernama Ismail diperintahkan untuk menghubungi keluarganya. Ismail kemudian menghubungi istrinya Dian Megawati. Pada Rabu (22/6/2016), Mega menuturkan, tepat pukul 11.00 Wita hari itu, teleponnya berdering dan terlihat nomor panggilan dari Jakarta. Ketika diangkat, ternyata suaminya yang menghubungi dengan tergesa-gesa. Suaminya memerintahkan Mega untuk mencari wartawan, kepolisian setempat, Pemerintah Indonesia dan pihak PT PP Rusianto Bersaudara.

Saya dikabari tergesa-gesa, saya kaget tidak sempat tanya apa kabarnya, bagaimana nasibnya. Dia Cuma minta dicarikan wartawan, kepolisian, pemerintah dan perusahaan. Tapi di akhir komunikasi, suami bilang harus disiapkan uang 20 juta ringgit sebagai uang tebusan. Kami sudah ke perusahaan, tapi masih belum ada kejelasan," kata Mega (22/6/2016).

Menurut Mega, ketika mengabari semua pihak, pihak perusahaan kemudian langsung mengecek keberadaan kapal TB Charles.

Dari koneksi yang tersambung, posisi kapal sedang berada di perairan Indonesia menuju Kota Tarakan. Namun pada saat menghubungi Mega, terkesan suaminya sedang berada di daratan.

Kata perusahaan kapal itu baik-baik saja, karena masih berlayar menuju Tarakan. Tapi ketika menelpon, suami saya sedang berada di daratan. Terdengar suara ribut seperti di pasar, dan di belakangnya ada suara-suara berbahasa Inggris yang menyarankan agar uang tebusan segera dikirim" ungkapnya.

Mega menjelaskan, TB Charles membawa 13 orang ABK. Suaminya mengatakan, pada proses penyanderaan, ke 13 orang tersebut dibagi dua kelompok.

Yang tujuh orang dibawa oleh militant Abu Sayyaf, sedangkan yang enam orang lainnya tidak tahu ke mana. Kemungkinan besar, keenam itu dikembalikan ke kapal untuk segera melanjutkan perjalanan,” katanya.

Kini, Mega masih terus menunggu kabar dari suaminya dan menantikan kejelasan dari perusahaan.

Saya enggak tahu lagi harus gimana. Yang penting, mudah-mudahan ini bisa segera ditangani pemerintah Indonesia dan saya berharap suami cepat pulang,” pungkasnya.

 ♖ Tribunnews  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...