Minggu, 17 Januari 2016

[Foto] 2 Hari Jelang Peluncuran PKR10514

Kesibukan yang tak biasa terlihat di kawasan PT. PAL di Surabaya Jawa Timur. Selain menyiapkan kapal, sejumlah tenda juga tengah dibangun. Tak heran, pasalnya pada Senin pagi, PT.PAL akan meluncurkan 2 kapal sekaligus, yaitu PKR10514 pesanan Kementrian Pertahanan serta Kapal SSV pesanan Filipina. 


Dari pantauan ARCinc di lapangan, tampak PKR10514 sudah gagah terlihat berhadapan dengan kapal SSV. Di Kapal PKR juga sudah terlihat meriam 76mm, namun Millenium Gun yang seharusnya berada di belakang meriam utama tampak belum terpasang. Untuk Kapal SSV juga sudah terlihat utuh. Sekilas kapal ini mirip dengan LPD yang telah dibuat PT.PAL sebelumnya dengan kapasitas 2 helipad serta hangar.

Dengan bobot 2300 ton, Kapal perang PKR 10514 ini bisa dibilang sekelas Light Fregat. Kapal sekelas ini sangat dibutuhkan oleh TNI-AL mengingat luasnya lautan yang harus dijaga, sekaligus mampu memberikan efek gentar. Seperti umumnya Light Fregate, PKR10514 akan dilengkapi sejumlah persenjataan mematikan. Sejauh ini belum ada rilis resmi mengenai jenis dan jumlah persenjataan PKR10514. Hanya saja disebutkan kapal ini nantinya memiliki kemampuan peperangan 3 dimensi, yaitu permukaan, udara dan bawah permukaan.

Untuk peluru kendali, kemungkinan besar masih menggunakan keluarga besar Exocet. Namun, yang menarik, di belakang meriam utama, terdapat sejumlah peluncur rudal dengan sistem Vertical Launch. Kapal sepanjang 105 meter ini juga memiliki helideck dengan kapasitas heli mencapai 10 ton. Bahkan, menilik dari rancangan yang ada, PKR nantinya akan memiliki hangar khusus helikopter. Suatu hal yang tak dimiliki oleh kapal perang kelas Sigma TNI-AL sebelumnya.

Yang menarik juga, ketika ARCinc mendatangi PT.PAL tampak satu modul telah tiba dari Belanda. Modul ini nantinya akan dipasang pada kapal perang PKR10514 kedua.
  ARC  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...