Jumat, 02 Oktober 2015

Atraksi TNI AU di Cilegon

Persiapan HUT TNI ke 70Pesawat TNI AU dan KRI TNI AL melakukan fly past galdi bersih di pantai Cilegon [christyanto]

Kepala Dinas Penerangan AU (Kadispenau), Marsekal Pertama Dwi Badarmanto menyampaikan acara puncak HUT TNI ke-70 pada 5 Oktober mendatang akan diramaikan oleh berbagai atraksi sebanyak 155 pesawat TNI AU dari berbagai jenis. Atraksi 155 pesawat tempur milik TNI AU tersebut akan dipusatkan di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Provinsi Banten.

"Pesawat-pesawat tersebut, akan melaksanakan berbagai misi, seperti demonstrasi Operasi Udara Gabungan (Opsgab) TNI, fly past, aerobatik, SAR Tempur serta penarikan banner," kata Dwi saat dihubungi, Rabu (30/9).

Dia pun menjelaskan untuk atraksi serangan udara strategis (OSUS), pesawat tempur yang akan unjuk gigi adalah pesawat F-16, pesawat Sukhoi dan T-50i golden eagle.

"Pada demo Opsgab TNI, sebanyak 24 pesawat, TNI AU, terdiri dari 16 pesawat tempur (6 pesawat F-16 fighting falcon, 6 pesawat Sukhoi Su-27/30 dan 4 pesawat T-50i golden eagle), akan mendemonstrasikan serangan udara strategis (OSUS)," sambungnya.

Lebih rinci, menurutnya, untuk atraksi penerjunan rubber duck dan penerjunan free fall, akan didukung oleh C-130 Hercules dan pesawat CN-295. Sedangkan untuk demo aerobatik, akan ditunjukkan oleh pesawat KT-1 Wong bee dengan berbagai manuver udara yang menegangkan.

"Sementara 2 pesawat Cessna akan melakukan penarikan banner sebelum acara dimulai. Untuk keperluan Search and Rescue (SAR) TNI AU juga menyiagakan satu unit Helikopter SAR," papar Dwi saat dihubungi.

Selain berbagai atraksi di atas, TNI AU juga akan melaksanakan demo terbang lintas yang akan diramaikan 87 pesawat tempur dari berbagai squadron di Indonesia. Adapun pesawat yang akan unjuk gigi adalah sekitar 87 pesawat, yang terdiri dari unsur Helikopter (Colibri dan Super Puma), unsur pesawat latih (Grob), unsur angkut (C-130 Hercules dan CN-295), unsur intai (B-737) dan unsur tempur (Sukhoi Su-27/30, Hawk 100/200 danSuper Tucano EMB-314).

   merdeka  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...