Sabtu, 19 September 2015

[World] Su35 Rusia ke Pakistan dan F35 AS ke India ?

Su 35 Rusia [Marina]

Sebuah langkah yang sulit dijelaskan, Rusia mengaku dalam pembicaran dengan Pakistan untuk penjualan jet tempur Su-35. Sesuatu yang pasti akan sulit diterima India dan akan berpotensi mengganggu hubungan kedua negara yang selama ini terkenal sudah cukup baik. Meski Rusia meyakini hal itu tidak akan terjadi.

Saya tidak berpikir bahwa kontrak yang sedang dibahas akan menimbulkan kecemburuan salah satu pihak,” kata Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Ryabkov sebagaimana dikutip Sputnik pada 9 September 2015 lalu.

Tetapi apakah India benar-benar bisa menerima keputusan Rusia tersebut mengingat India dan Pakistan merupakan dua tetangga yang tidak pernah akur. Sementara akuisi Su-35 akan membawa Pakistan ke garis tepi kemampuan yang mampu mengimbangi India secara nyata. Su-35 akan menjadikan Su-30 yang dibeli India akan berada di belakang.

Lalu bagaimana India akan menanggapi jika benar Rusia melakukan langkah tersebut?

Langkah Rusia untuk memasok Flanker-E ke Pakistan akan secara drastis mengubah peta penjualan senjata di Asia. Hampir bisa dipastikan India akan mencari pesawat yang lebih unggul dibandingkan turunan terakhir dari Su-27 tersebut. Dan 36 jet tempur Rafale yang rencananya dibeli dari Prancis jelas tidak akan mencukupi.

Jika Rusia mulai menjual senjata ke Pakistan, bisa berarti bahwa Perancis dan konsorsium Eurofighter akan berada dalam posisi yang jauh lebih baik untuk memasok pesawat ke India, guna mengganti jet-jet usang seperti MiG-21 dan MiG-23 India yang harus segera dicarikan suksesor. Eurofighter Typhoon atau juga Rafale akan menjadi pesawat yang mampu menandingi jet tempur Rusia milik Pakistan.

Tetapi ada kemungkinan nantinya India akhirnya lari ke Amerika Serikat. Dan negara ini akan terbuka untuk masuk dalam program F-35 Lighting II. Amerika sepertinya tidak mungkin menawarkan jet tempur generasi keempat mengingat F/A-18 dan F-16IN yang pernah ditawarkan telah ditolak oleh India. Negara ini membutuhkan platform yang lebih tinggi.
F35

Dave Majumdar, seorang analis militer dalam tulisannya di National Interest Selasa 15 September 2015 menyebutkan Amerika Serikat bisa menawarkan ke India untuk berpartisipasi dalam Lockheed F-35 Joint Strike Fighter. “Terus terang, Amerika Serikat memiliki sarana untuk menawarkan India akses ke teknologi yang jauh lebih baik dibadingkan yang ditawarkan Rusia, yakni dengan menawarkan F-35,” tulisnya.

Untuk India, F-35 akan membunuh dua burung dengan satu batu yakni akses ke teknologi canggih, dan kartu truf untuk Pakistan dan China. Satu-satunya hambatan adalah India harus mematuhi sejumlah aturan pembatasan Amerika terkait pesawat yang selama ini masih sering ditolak India.

Bahkan, Menteri Pertahanan AS Ash Carter -saat ia masih menjadi wakil menteri pertahanan untuk bidang akuisisi, teknologi dan logistik- telah menyatakan kesediaannya untuk menjual pesawat generasi kelima kepada India. “Tidak ada di pihak kita dan tidak ada prinsip untuk melarang partisipasi India dalam Joint Strike Fighter,“ kata Carter pada saat itu.

Sepertinya hanya waktu yang akan menjawab apakah Rusia akan benar-benar mengambil langkah berani dengan menerbangkan jet tempur paling canggih mereka ke Pakistan. Jika hal ini terjadi maka ada peluang F-35 akan masuk ke India. [national interest]

   jejaktapak  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...