Rabu, 16 September 2015

[World] Pesawat Tempur Venezuela Melintas di Wilayah Kolombia

Ilustrasi pesawat Venezuela

Pesawat tempur Venezuela melintasi beberapa kilometer dari wilayah udara Kolombia di tengah krisis perbatasan antara dua negara tetangga tersebut. Hal itu diungkapkan Kementerian Pertahanan Kolombia.

Radar angkatan udara mendeteksi masuknya dua pesawat militer Venezuela ke wilayah Kolombia di Zona Alta Guajira di perbatasan utara dengan Venezuela pada Sabtu 12 September 2015 sore.

Pesawat-pesawat tersebut memasuki Kolombia hampir 3 kilometer dan kemudian terbang di atas sebuah unit militer. Namun, kementerian tidak menjelaskan jenis pesawat yang terdeteksi tersebut.

Bogota dan Caracas mengalami ketegangan sejak Presiden Venezuela Nicolas Maduro menutup sebagian dari perbatasan bersama mereka pada 19 Agustus 2015. Ia menyalahkan paramiliter Kolombia atas serangan pada patroli anti-penyelundupan Venezuela.

Maduro menuduh Kolombia melancarkan serangan terhadap ekonomi Venezuela, sehubungan penyelundupan yang merajalela barang-barang bersubsidi dari negara sosialis kaya minyak yang kini tengah dihantam berbagai kekurangan di dalam negerinya itu.

Venezuela telah mendeportasi sebanyak 1.500 warga Kolombia yang tinggal di Venezuela sejak krisis tersebut dimulai dan lebih dari 18.500 orang telah melarikan diri dalam ketakutan.

Menteri luar negeri dari Kolombia dan Venezuela bertemu di Ekuador pada Sabtu 12 September dalam upaya untuk menyelesaikan perbedaan mereka. Sementara ini mereka sepakat memperbarui kontak diplomatik setelah penarikan para duta besarnya, namun mereka gagal menyepakati pertemuan antara presiden kedua negara itu.

Pada 2010, pasukan bergegas ke perbatasan setelah presiden Kolombia menuduh Venezuela memberikan perlindungan kepada gerilyawan sayap kiri Kolombia. Krisis tersebut dapat diredakan oleh Juan Manuel Santos yang saat ini menjabat sebagai presiden Kolombia. (hmr)

   okezone  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...