Rabu, 30 September 2015

Deru Pesawat Tempur di Langit Jakarta Sambut HUT ke-70 TNI

Formasi pesawat TNI AU di Ibukota [Rachman Haryanto]

Deru suara pesawat tempur terdengar di langit Jakarta sejak pagi ini. Pesawat-pesawat TNI AU tersebut bersiap menyambut HUT ke-70 TNI.

HUT TNI pada 5 Oktober mendatang akan dimeriahkan oleh berbagai aksi pesawat tempur milik TNI AU. Sebanyak 155 pesawat dikerahkan TNI AU dalam puncak acara yang akan digelar di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banten tersebut.

Untuk melancarkan aksinya, TNI AU sudah mulai menggelar latihan dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta. Sedikitnya, sudah ada 50-an pesawat yang datang dari berbagai skuadron. Beberapa pesawat tempur yang telah dideploy di Halim menggelar latihan.

Deru suaranya terdengar cukup besar, Rabu (30/9/2015). Dari langit Jakarta juga terlihat sejumlah pesawat wara wiri, seperti pesawat T-50 Golden Eagle yang terpantau hingga di atas langit Cilangkap, Jaktim.

"Iya kan latihan itu untuk HUT TNI besok. Jadi betul (pesawat tempur banyak terbang di Jakarta) untuk acara HUT, kurang lebih sudah ada 50-an pesawat TNI AU yang sudah di Halim," ujar Kapentak Lanud Halim Perdanakusuma, Mayor Dodo Agus Supriyo saat dikonfirmasi, Rabu (30/9).

Beberapa pesawat yang hari ini berlatih di antaranya Sukhoi, jet tempur F-16, Hawk, Super Tucano dan juga pesawat latih Grob. Latihan masih akan dilakukan hingga Sabtu (3/10) mendatang.

"Latihan terus sampai tanggal 3 besok, acara gladi bersih. Tapi kan nggak semua dari Halim. Ada juga yang dari Bandung, kayak Hercules soalnya kalau semua di Halim nggak muat," ucap Dodo.

"Tapi semua nanti flight di atas langit Cilegon. Gabung dengan pesawat punya AL dan AD juga," sambungnya.

Rencananya Presiden Joko Widodo akan hadir dalam acara HUT TNI di Cilegon Senin (5/8) nanti. Peringatan hari jadinya kali ini, TNI mengambil tema 'Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat, Profesional, Siap Mewujudkan Indonesia yang Berdaulat, Mandiri, dan Berkepribadian'.
Pesawat TNI AU Latihan, Jadwal Penerbangan di Bandara Halim DelayFormasi pesawat TNI AU membentuk angka 70 [Dokumentasi Penum TNI AU]

TNI AU menggelar latihan untuk persiapan aksi HUT ke-70 TNI. Sejumlah pesawat sudah dideploy di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, dan sejak beberapa hari ini melaksanakan latihan.

Kegiatan tersebut sedikit berdampak pada jadwal penerbangan di Bandara Halim. Baik keberangkatan dan kedatangan mengalami penundaan.

"Yang mau mendarat dan take off, kita delay dulu. Kita berlakukan sistem buka tutup," ungkap Kapentak Lanud Halim Perdanakusuma, Mayor Dodo Agus Supriyo saat dikonfirmasi, Rabu (30/9).

Meski begitu, Lanud Halim sudah mengirimkan notice to airman (notam) ke pihak bandara serta maskapai penerbangan terkait adanya kegiatan ini. Pasalnya ada puluhan pesawat TNI AU yang menggelar latihan. Termasuk latihan akrobatik.

"Tidak mengganggu (penerbangan sipil). Kita sudah kirim notam ke pengelola bandara. Jam berapa kita latihannya. Dari pagi sampai sore sekitar sampai jam 15.00 WIB," kata Dodo.

Menurut Dodo, keterlambatan jadwal penerbangan di bandara tidak terlalu signifikan. "Paling hanya 15-20 menit aja keterlambatannya, nggak lama," tuturnya.

Bahkan keterlambatan ini bukan hanya terjadi terhadap penerbangan sipil umum. Pesawat pengangkut kloter jemaah haji yang hari ini tiba di Halim pun juga mengalami keterlambatan.

"Pesawat haji memang dijadwalkan ke sini. Harusnya jam 11.40 WIB, terlambat sekitar 15-30 menit," jelas Dodo.

Untuk memeriahkan HUT TNI yang akan digelar di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banten pada Senin (5/10), TNI AU mengeluarkan 155 pesawatnya. Seperti jet tempur Sukhoi, F-16, Hawk, T-50 Golden Eagle, dan pesawat Super Tocano.

Ada yang dideploy di Halim namun juga ada pesawat yang akan beraksi dari berbagai Lanud lainnya. Seperti pesawat angkut Hercules yang akan terbang di langit Cilegon dari Lanud Atang Sanjaya, Bandung.

"Kalau dari Halim semua nggak muat," tutup Dodo. (elz/mok)

  detik 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...