Senin, 03 Agustus 2015

[World] Pesawat Tempur China

Yang Wei Membuka Pintu Revolusi http://www.jejaktapak.com/wp-content/uploads/2015/07/j-20-e1438271891769.jpgAda desainer pesawat, dan kemudian ada desainer ace. Ada ribuan insinyur di sekitar pesawat yang diproduksi di dunia, tetapi desainer ace hanya datang sekali dalam beberapa dekade.

Amerika Serikat memiliki Kelly Johnson, desainer SR-71 Blackbird. Jerman punya Willy Messerschmitt menghasilkan garis pesawat tempur terkenal. Uni Soviet melahirkan Mikhail Simonov yang menciptakan Su-27 untuk bersaing dengan Amerika F-15 Eagle.

Setiap ace dipastikan sangat terampil, tetapi mereka juga berutang banyak kesuksesan mereka dengan keadaan. Mereka datang ketika pemerintah masing-masing menginvestasikan jutaan – atau milyaran – dolar untuk mengubah kemampuan otak menjadi pesawat tempur mutakhir.

Persimpangan rekayasa jenius dan belanja tinggi telah menghasilkan desainer ace di China. Dalam beberapa tahun terakhir, seorang insinyur bernama Yang Wei dengan cepat meningkat menjadi pimpinan Chengdu Aircraft Design Institute – produsen pesawat perang utama yang bertanggung jawab untuk mengeluarkan dengan cepat pesawat tempur untuk Beijing.
http://jakartagreater.com/wp-content/uploads/2014/07/image61-e1405860691931.jpgYang Wei 

Yang bertanggung jawab terhadap dua jet tempur. Salah satunya adalah J-20, jet tempur siluman pertama China. Dia juga mengepalai pengembangan JF-17 Thunder yang merupakan perbaikan modern dan evolusi dari MiG awal yang dikembangkan oleh Uni Soviet setengah abad yang lalu.

Apa yang kita tahu tentang Yang adalah bahwa ia lahir pada tahun 1963, dan terdaftar di Universitas Politeknik Northwestern pada tahun 1978 pada usia 15. Ia menyelesaikan dua gelar dan menjadi seorang insinyur sistem kontrol di Chengdu.

Dalam profil 2011, di jurnal Science and Technology Daily, Yang digambarkan sebagai otak di balik inovasi di fly-by-wire kontrol elektronik di China pada 1980. Jurnal menyebut dia dengan menerapkan “semua simulasi digital ” untuk pesawat tes, “melanggar blokade teknologi asing.”

Mungkin ini dibesar-besarkan, tapi tidak ada keraguan Yang sangat berpengaruh. Pada usia 35, ia bangkit untuk memimpin Chengdu dan bekerja di J-10, salah satu jenis pesawat perang China yang paling banyak. J-10 adalah pesawat yang sulit untuk dibangun dan dilanda oleh berbagai kelemahan dalam desain, termasuk kegagalan penting dalam sistem bahan bakar pada akhir tahun 1990-an. Tapi solusi Yang kemudian bekerja dengan cara baik di JF-17; sebuah praktek yang dikenal sebagai “pembangunan paralel”, menurut jurnal.

Dengan kata lain, Yang tampaknya telah membangun filosofi alternatif untuk desain tempur Barat – diilustrasikan jika barat membangun pesawat siluman dengan mahal dan rawan masalah seperti F-35 Joint Strike Fighter. China sekarang membangun jet tempur murah, cepat dan sederhana. Tentu ini tidak berarti mengatakan jet buatan Yang sempurna atau bahkan membawa fundamental baru.
Banyak Kelemahan, Tapi J-20 Membungkam Amerika http://1.bp.blogspot.com/-uLeGq71WjUU/UIllXVSje3I/AAAAAAAAJOQ/cym-NqJmPFQ/s1600/J-20_China.jpgPesawat Siluman China J-20 

Mari lihat di kasus Chengdu J-20. Sebagai pesawat tempur siluman, bermesin ganda, sayap delta – setidaknya dari belakang. Desain Yang ini bukan prinsip pesawat untuk dogfighter udara-ke-udara. Tapi hal itu juga memunculkan perdebatan. Pastinya, tidak ada seorang pun kecuali desainer tahu apa yang seharusnya dilakukan.

Salah satu aliran pemikiran J-20 akan bertindak sebagai sniper jarak jauh, melaju cepat menuju pesawat pengintai dan kapal tanker US dan menembak mereka dari langit. Tanpa aset dukungan di udara, kemampuan Amerika untuk berperang di Pasifik barat menurun secara dramatis.

J-20 adalah pesawat siluman jika melihat dari fitur sudutnya. Tapi ini juga pesawat yang besar dengan panjang 62 kaki (sekitar 19 meter). Pesawat semacam ini layaknya lebih akan berperan dalam serangan darat dengan beberapa kemampuan pertahanan diri, yang juga akan memerlukan kemampuan siluman.

Kemudian ia memiliki masalah. Canards kecil, seperti anggota badan ekstra, menonjol dari setengah maju dari pesawat untuk menambah stabilitas lebih aerodinamis. Hal ini tampaknya menjadi sebuah renungan, karena canards mengurangi siluman, yang berarti China masih memiliki pekerjaan yang harus dilakukan untuk membuat pesawat yang tidak terdeteksi dibandingkan dengan desain Amerika dan mungkin juga pesawat Rusia.

Masalah lain adalah bahwa pesawat ini kurang memiliki tenaga mengingat ukuran dan fakta bahwa itu mesin kembar AL-31F belum mencukupi. Mereka adalah mesin Rusia dan terlalu lemah untuk pesawat yang harus menyeimbangkan kecepatan dan kelincahan, yang sepertinya ingin dicapai oleh J-20. Lalu ada sistem elektronik dan sistem kontrol tembakan, kedua daerah di mana inovasi China masih kurang.

Tapi ini merupakan lompatan besar Cina untuk desain badan pesawat siluman – yang sampai sekarang tidak mampu menghasilkan tempur semacam ini sama sekali. Pentagon, secara drastis meremehkan timeline dengan menyatakan pesawat tempur siluman ini tidak akan masuk layanan sampai akhir dekade. Tetapi China dengan gagah membungkamnya dengan menunjukkan pesawat pertama kepada dunia pada bulan Januari 2011.

Chengdu telah menghasilkan enam prototipe. Para desainer juga terus mengembangkan J-20. Nozel mesin pesawat, salah satu bagian yang paling sulit disembunyikan dari radar sebagian telah tersembunyi pada prototipe selanjutnya. Dan Chengdu tampaknya telah memodelkan pengaturan penargetan elektro-optik setelah F-35. Fitur lainnya, seperti bagian depan menyerupai F-22 AS. Meski tidak bisa menutup kecurigaan hal itu dibantu oleh hasil pencurian data Itu program tempur siluman Amerika.

Kelebihan J-20 akan memiliki keunggulan atas F-35 dalam hal kecepatan dan manuver karena desain delta sayap. Apa yang J-20 tidak memiliki adalah mesin handal. Terutama satu yang tidak dibuat di Rusia. Dan, tentu saja, sensor untuk melihat target jarak jauh.

Ukuran J-20, jangkauan, dan siluman juga bisa membuat sebuah platform serangan jarak jauh yang tangguh, terutama jika pesawat pembawa bom yang dikawinkan dengan rudal udara ke udara J-20 akan menjadi bagian dari paket serangan untuk mencapai target bernilai tinggi di sekitar rantai pulau pertama dan kedua” kata analis militer Cina Gabe Collins dan Andrew Erickson pada makalahnya di 2011.
JF-17 Bukan Yang Terbaik, Tetapi Sangat Menarik http://www.jejaktapak.com/wp-content/uploads/2015/03/JF-17-09.jpggJF 17 

Pesawat JF-17 Thunder sangat menarik, jika Anda suka mengikuti sejarah pesawat era-Soviet klasik. Garis keturunan adalah salah satu hal yang paling menarik tentang hal itu. Upgrade J-7 China yang merupakan salinan pekerja keras MiG-21 – Thunder adalah pendekatan evolusioner Chengdu untuk desain tempur. Jejak kerangka dasar JF-17 semua kembali ke tahun 1950-an. Dengan harga US $ 25 juta per unit, itu sangat murah dibandingkan F-35 seharga US$ 200 juta.

Chengdu merancang jet tempur multi-peran – yang dapat melalukan pertempuran udara dan target serangan di darat dan kemudian diekspor ke angkatan udara Pakistan.

Thunder kira-kira setara dengan F-16 Fighting Falcon Amerika, yang juga dalam pelayanan dengan angkatan udara Pakistan, tetapi Falcon dua kali lebih mahal dibandingkan Thunder. Tapi jika F-16 dapat mengalahkan F-35 dalam pertempuran udara, maka demikian juga kemungkinannya dengan JF-17.

Pesawat ini telah meningkat kemampuannya dalam manuver karena perubahan sayap dari era MiG dan mesin turbofan Rusia RD-93 yang kuat. Perbedaan utama lainnya adalah bentuk hidung. Jika Anda melihat sebuah MiG-21 atau J-7, masing-masing memiliki bentuk bulat, asupan udara mesin menonjol ke dalam. Ini masuk akal ketika jet tempur ini muncul pada 1950-an dan 1960-an, karena kedua jenis memiliki radar kontrol tembakan terbatas.

Tapi ketika teknologi radar Cina maju, Chengdu mengubah asupan udara Thunder dalam pesawat untuk memberi ruang bagi radar KLJ-7 buatan China- yang memiliki kemampuan untuk serangan udara ke udara dan darat.

Lalu ada senjata. Pesawat tempur ini dapat membawa cukup banyak senjata yakni sekitar 3,6 ton. Pesawat juga mampu menembakkan target di luar visual dengan rudal anti kapal buatan Cina C-802A – yang dirancang untuk memukul kapal induk Amerika dari jarak 180 kilometer jauhnya. Di tangan Pakistan, Angkatan Laut India juga perlu khawatir dengan kemampuan ini.

Singkatnya, JF-17 murah, kuat dan tidak mencoba untuk menemukan kelasnya . Pesawat ini jels tidak akan mengubah perang udara. Tapi itu murah dan cukup mematikan untuk angkatan udara yang memiliki anggaran minim akan sangat menarik.

Pakistan adalah satu-satunya pengguna saat ini, tetapi ada laporan Myanmar dan Sri Lanka telah memerintahkan Thunder dari Pakistan, tapi seperti kebanyakan penjualan senjata, kita akan percaya ketika kita melihatnya. Masalah yang lebih serius adalah bahwa mesin pesawat masih buatan Rusia, yang mempersulit rantai pasokan logistik. Setiap pengguna yang ingin jet tempur mereka dipelihara dengan baik harus menjaga hubungan baik dengan Kremlin.

Untuk industri penerbangan China, ketergantungan terus pada bagian asing – dan khususnya mesin – adalah salah satu kewajiban terbesar. Desainer ace tempur Beijing mungkin tidak pernah mengatasi itu. [War is Boring]

  Jejaktapak  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...