Jumat, 07 Agustus 2015

Kasal resmikan Lantamal XII Pontianak

Kalbar sudah memiliki Kodam XII Tanjungpura, dan dinaikkannya peringkat Pangkalan Udara Supadio dari tipe B menjadi A, sehingga sudah selayaknya kawasan perairan diperkuat dengan LantamalKSAL, Laksamana TNI Ade Supandi (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi meresmikan peningkatan status Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Pontianak menjadi Pangkalan Utama TNI AL XII Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat.

Ade Supandi di Pontianak, Jumat, mengatakan dengan status Lantamal XII Pontianak, maka secara bertahap juga akan diikuti dengan penambahan alutsista, seperti persenjataan armada, baik kapal perang, pesawat udara, maupun marinir, dan didukung sebanyak 1.300 personil.

"Kami berharap dengan diresmikannya Lantamal XII maka akan bisa menambah kekuatan TNI-AL di wilayah barat, Alki satu dan perairan Kalbar umumnya, dalam mencegah masih maraknya pencurian ikan, dan ketegangan di laut di Cina Selatan, permasalahan batas laut, serta masuknya imigran melalui laut, sehingga rawan tindak pidana dan ilegal lainnya," katanya.

Ade mengatakan kerawanan konflik dengan negara tetangga terutama perbatasan di laut juga menjadi alasan perlunya status Lanal di tingkatkan menjai Lantamal XII. "Kami juga harapkan keberadaan Lantamal XII juga bisa memberikan nilai positif dalam percepatan pembangunan di Kalbar," ujar Asep.

Menurut dia, kekuatan akan diarahkan di perbatasan yang dinilai rawan konflik, dalam menciptakan keamanan perbatasan, dan itu sudah bentuk komitmen TNI-AL dalam pengamanan poros maritim dunia, sehingga memerlukan pengawasan keamanan," katanya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Kalimantan Barat Christiandy Sanjaya menyatakan Kalbar sudah selayaknya memiliki Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut mengingat kawasan perairan sangat luas dan berbatasan langsung dengan negara lain.

"Apalagi Kalbar sudah memiliki Kodam XII Tanjungpura, dan dinaikkannya peringkat Pangkalan Udara Supadio dari tipe B menjadi A, sehingga sudah selayaknya kawasan perairan diperkuat dengan Lantamal," katanya.

Perbatasan Kalbar dengan negara lainnya tidak hanya dengan darat dan udara, tetapi juga memiliki perbatasan laut, sehingga sudah selayaknya diperkuat dengan Lantamal.

Wagub Kalbar berharap dengan akan ditingkatkannya status Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) menjadi Lantamal maka kekayaan laut akan lebih terjaga. "Tentunya akan berdampak pada meningkatnya kesejahteraan para nelayan Kalbar," ujarnya.
Pangkalan Utama TNI AL XII/Pontianak diperkuat tiga kapal perangKRI Kujang 642, Kapal dengan panjang 40 m produksi PT Palindo yang memperkuat Armabar [pr1v4t33r]

Sejalan dengan peningkatan status dan kapasitasnya maka Pangkalan Utama TNI AL XII/Pontianak akan diperkuat tiga kapal perang. Pangkalan utama TNI AL itu memang berada di perairan sangat strategis dan sarat kepentingan politis internasional, Laut China Selatan serta Laut Natuna.

China sangat agresif dan sepihak menggelar kekuatan maritimnya di perairan Laut China Selatan. Tanpa peduli aturan internasional, China mengklaim hampir seluruh Laut China Selatan sebagai miliknya, berhadapan dengan klaim terpisah-pisah dari Filipina, Brunei Darussalam, Viet Nahm, dan Malaysia.

Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Ade Supandi, sesaat setelah meresmikan peningkatan status dan kapasitas pangkalan utama TNI AL itu, di Pontianak, Jumat, mengatakan, "Akan diperkuat minimal tiga kapal perang panjang 40 hingga 60 meter, kemudian setingkat pangkalan TNI AL juga akan diperkuat minimal tiga kapal patroli ukuran kecil."

Sampai saat ini, jumlah personel di sana masih pada jumlah sekelas pangkalan TNI AL yang dipimpin seorang kolonel. Kelak jumlah itu ditambah sehingga sesuai Tabel Organisasi dan Personel di tingkat pangkalan utama TNI AL yang dipimpin seorang perwira tinggi TNI AL bintang satu.

"Kekuatan personilnya akan sebanyak 1.050 personel dan juga diikuti penambahan persenjataan armada, baik kapal perang, pesawat udara, maupun Korps Marinir TNI AL," kata dia.

Wilayah operasi Pangkalan Utama TNI AL XII/Pontianak adalah sebagian Laut Jawa, Selat Karimata, Laut Natuna, dan Laut China Selatan.

Di perairan yang menjadi wilayah tanggung jawabnya juga terdapat Alur Laut Kepulauan Indonesia I yang berbatasan dengan Malaysia dan Laut China Selatan.

Pangkalan Utama TNI AL XII/Pontianak akan membawahkan Pangkalan TNI AL Pangkalan Bun (Kalimatan Tengah), Pangkalan TNI AL Ketapang (Kalimantan Barat), dan Pangkalan TNI AL Sambas (Kalimantan Barat).

Ada tiga pangkalan TNI AL yang ditingkatkan statusnya menjadi pangkalan utama TNI AL, yaitu Pontianak, Pangkalan Utama TNI AL XIII/Tarakan, dan Pangkalan Utama TNI AL XIV/Sorong.

   antara  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...