Kamis, 02 Juli 2015

[World] Forum Army 2015: Supermarket Senjata Sekaligus 'Disneyland' Militer

Penyelenggara forum militer internasional Army 2015 memiliki dua tugas utama: menarik perhatian para pembeli senjata Rusia dari negara lain, sekaligus mendemonstrasikan kekuatan Tentara Rusia bagi warga Rusia sendiri. Pada gelombang patriotik terbaru, militer menjadi sama bergengsinya seperti pada masa Uni Soviet.[Yekaterina Shtukina / RIA Novosti]

Forum Army 2015 di Kubinka, pinggiran Moskow, pada 16-19 Juni lalu digelar bersamaan dengan pameran udara (air show) Prancis Le Bourget. Dalam forum ini, warga Rusia pertama kalinya melihat perangkat militer modern dalam jumlah yang sangat banyak di satu tempat.

 Pesaing Le Bourget 

Forum Army 2015 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pertahanan Rusia bukan sekadar 'supermarket senjata' untuk mewadahi transaksi jual-beli senjata Rusia, tapi juga tempat para pakar berdiskusi serius terkait pengembangan angkatan bersenjata terkini.

Forum tersebut digelar di Taman Patriot, yang baru akan dibuka untuk umum tahun depan, dijuluki sebagai 'Disneyland' militer. Forum ini sebanding dengan Russian Arms Ekspo di Nizhny Tagil dan MAKS (International Aviation and Space Salon) di Zhukovsky, begitu pula pameran senjata internasional raksasa lain. Taman Patriot memiliki lahan untuk mendemonstrasikan segala jenis kemampuan militer: di darat, air, dan udara.

Tentara, badan pusat kontrol militer, perusahaan manufaktur senjata, organisasi ilmiah dan industri, serta institusi pendidikan terkemuka ikut meramaikan pameran forum. Pengunjung, termasuk para perwakilan dari 59 negara, kagum melihat senjata-senjata baru Rusia, dan banyak senjata yang ditunjukkan ke publik untuk pertama kali.

 Stasiun Radio Baru, Helikopter, dan MANPADS 

Salah satu senjata baru yang dipamerkan dalam forum ini adalah versi kapal dari helikopter pengintai dan penyerang Ka-52K dan versi 'Arktik' dari helikopter terlaris di dunia Mi-8/17, yaitu Mi-8AMTSh. Helikopter ini dilengkapi dengan perlindungan lapis baja dan memiliki enam pengait senjata: peluru kendali anti-tank Ataka atau Shturm dan sistem peluru kendali udara ke udara Igla. Helikopter 'Arktik' mampu bertahan pada temperatur rendah, kondisi jarak pandang terbatas, termasuk pada kondisi malam hari di kutub.

Man Portable Air Defense System (MANPADS) Verba merupakan salah satu senjata baru yang ditunggu-tunggu di Army 2015. Senjata ini akan segera dimiliki oleh pasukan infanteri angkatan laut dan penerjun payung Rusia.

Perbedaan antara Verba dengan generasi MANPADS Rusia sebelumnya (secara khusus, Iglas yang legendaris) ialah kehadiran alat penggerak optik multispektral heat-seeker (GOS) yang membuat misil mampu melenyapkan target dari titik termal pasif yang kini secara aktif digunakan oleh semua pesawat dan helikopter militer. Misil GOS bahkan dapat menangkap pesawat tanpa awak yang memiliki radiasi termal rendah. Menurut kepala desainer Biro Pengembangan Mesin Kolomna Valery Kashin, Verba kelak akan disiapkan untuk ke pasar ekspor.

Pasukan Pertahanan Udara juga untuk pertama kalinya memamerkan aksi kompleks radar bergerak Nebo-M. Ia didesain untuk misi tempur pertahanan udara dan pendukung radar antipesawat. Kompleks ini dapat melenyapkan segala jenis rintangan, bahkan target terkecil yang terbang dengan kecepatan hipersonik. Pengunjung forum berkesempatan untuk menyaksikan aksi Nebo-M. Ketika Nebo-M mulai memindai ruang udara di atas Kubinka, banyak yang kehilangan koneksi telepon selularnya.

Forum juga menyajikan teknologi untuk digunakan publik. Perusahaan Radio-Electric Technologies (KRET), yang merupakan bagian dari Perusahaan Negara Rostec, memamerkan onboard defense system (ODS) President-S dalam pameran. Ia dapat melindungi pesawat biasa dari misil darat ke udara dan MANPADS. President-S otomatis mendeteksi peluncuran misil dan mengaktifkan penerapan gangguan pasif dan aktif dalam infra merah dan panjang gelombang radio. Sistem misil akan terganggu dan menyerang target yang salah.

 Selalu Bergerak 

Semua jenis pameran dinamis, termasuk demonstrasi senapan api terbaru, merupakan yang paling mengesankan dan spektakuler dalam Forum Army 2015.

Di klaster darat, puluhan kendaraan militer BTR-MDM Rakushka dan SAU Sprut mendemonstrasikan kemampuannya. Dilengkapi dengan senapan smoothbore 125 mm dan berbobot 18 ton, SAU Sprut mampu melewati rintangan air dan dengan bantuan sistem parasut yang canggih ia dapat terjun dari pesawat transportasi militer Il-76 tanpa persiapan khusus.

Sekitar 40 pesawat dan helikopter bepartisipasi dalam demonstrasi kemampuan teknis mereka, di antaranya: pesawat Yak-130, Su-30SM, Su-34, Su-35; helikopter Ansat-U, Ka-226, Mi-8AMTSh, Mi-35, Ka-52, dan Mi-28H; serta pesawat tempur generasi kelima T-50.

   RBTH  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...