Selasa, 14 Juli 2015

[World] Benarkah F-35 Unggul di Pertempuran Jarak Jauh?

http://www.jejaktapak.com/wp-content/uploads/2015/07/f-35-e1436526912729.jpegF35

Perdebatan tentang kemampuan tempur F-35 terus berlanjut. Jawaban Pentagon tentang kekalahan F-35 dalam uji tempur udara dengan F-16 justru dipertanyakan.

Sebelumnya War is Boring menurunkan laporan tentang kekalahan Lighting II terhadap F-16 dalam pertempuran jarak dekat. Laporan didasarkan pada empat lembar laporan dari pilot uji F-35. Pentagon kemudian menjawab bahwa kekalahan itu tidak bisa menjadi dasar untuk mengatakan F-35 tidak lebih mampu dibandingkan Falcon. Ada beberapa alasan yang disampaikan Pentagon. Pertama, dalam uji tempur yang dilakukan pada Januari lalu, F-35 tidak dilengkapi berbagai software tempur yang memungkinkan pilot bisa membidik target dengan gerakan mata. Selain itu Pentagon mengatakan F-35 memang diciptakan tidak untuk pertempuran jarak pendek. Pesawat ini akan mampu menembak musuh dari jarak jauh sebelum lawan mengetahui keberadaannya.

War is Boring kemudian menurunkan tulisan selanjutnya yang mencoba menganalisa apakah benar F-35 benar-benar mampu melumpuhkan pesawat lain dari jarak jauh. “Ada alasan untuk percaya bahwa F-35 tidak mampu melakukan hal itu,” tulis Joseph Trevithick dari War is Boring.

Alasannya stealth fighter ini tidak memiliki sensor, senjata dan kecepatan yang memungkinkan pesawat secara handal mendeteksi dan menembak jatuh pesawat lainnya dalam pertempuran.

Dalam setiap duel udara-ke-udara sembilan dari 10 pilot yang mencapai kemenangan adalah mereka yang mampu melihat lebih dulu musuhnya.

Untuk tujuan ini, F-35 tidak memiliki radar berteknologi tinggi, kamera high-fidelity dan peralatan canggih lainnya yang dapat mendeteksi pesawat terbang. Tapi yang terpenting, Lockheed mengoptimalkan sensor ini untuk target di tanah dan pada jarak yang relatif dekat.
http://www.jejaktapak.com/wp-content/uploads/2015/05/f-35c-e1432570346896.jpgF-35 dapat melihat secara jelas tetapi tidak bisa melihat semua yang target besar ke udara. Setidaknya jika dibandingkan dengan jet tempur buatan China dan Rusia.

Hal yang penting adalah membandingkan radar F-35 dengan para pesaingnya. Radar Rusia terbaru, seperti yang ada di Sukhoi Su-35, setidaknya seimbang dengan JSF APG-81, menurut data yang dikumpulkan oleh Carlo Kopp Air Power Australia.

Sementara rincian spesifik tetap rahasia, Kopp memperkirakan APG-81 dapat mendeteksi pesawat dengan radar cross-section dari tiga meter-persegi, semisal MiG-29 dari 100 mil jauhnya. Sementara pembuat radar Rusia Tikhomirov mengklaim Su-35 dengan radar Irbis-E bisa melihat target ukuran yang sama lebih dari dua kali lipatnya.

Tapi mungkin kisaran radar tidak relevan. Dalam pertempuran udara antara jet siluman- dengan masing-masing pihak berusaha untuk tetap tidak terdeteksi selama mungkin – kemungkinan pilot tidak ingin mengaktifkan radar mereka sama sekali agar tidak terdeteksi.

Sebaliknya, pesawat modern di perang berteknologi tinggi mungkin akan mengandalkan sensor “pasif” inframerah untuk menemukan lawan. F-35, Su-35, Rusia T-50 dan J-20 China semua memiliki sensor IR untuk mencari panas.

Dan dalam situasi ini maka panas pesawat menjadi menentukan. Semakin panas semakin mudah terlacak. Ingat, F-35 memiliki satu mesin besar dan sangat panas. Benar, Lockheed merancang tangki bahan bakar JSF untuk membantu mengurangi panas. Tapi lihatlah nozzle mesin F-35 itu. Pesawat yang sangat tersembunyi seperti bomber B-2 dan F-22 membanggakan nozel mesin datar yang tersebar bulu knalpot mereka untuk memangkas pencarian infra merah.

Bahkan dengan radar off, F-35 bisa berjuang untuk bersembunyi dari pesawat musuh. Pertimbangkan semua panjang gelombang, radar band rendah yang sedang dibangun Rusia, Cina dan Iran.

Anda tidak bisa stealthify melawan radar gelombang panjang,” kata Pierre Sprey, seorang insinyur berpengalaman yang bekerja di F-16 dan A-10.

Array raksasa dapat mendeteksi benda-benda kecil di jarak yang jauh. Teheran menegaskan radar Ghadir bisa melihat jet lebih dari 300 mil jauhnya. Rosoboronexport Rusia mengklaim Rezonans-NE dapat mendeteksi pesawat siluman hampir 750 mil jauh. Meski pilot tidak bisa menemukan F-35, maka pemandu di darat akan dengan mudah memandunya untuk mendekat ke Lighting II dan membuka pertempuran jarak dekat. 
http://www.jejaktapak.com/wp-content/uploads/2015/07/f-35--e1436527352401.jpegJika kemudian pilot F-35 bisa mendeteksi musuh dari jarak jauh dan mulai menembak, masalah lain juga akan muncul. Rudal AIM-120 Amerika, Rusia R-77 dan PL-12 China semua adalah rudal jarak sebanding, masing-masing dengan rentang 60 mil. Namun F-35 lebih lambat dibandingkan rivalnya dari Rusia atau China, membuatnya menjadi kurang efektif dalam menembakkan rudal.

Sebuah jet cepat dapat memberi energi ekstra untuk penembakan senjata. Itu berarti jet tempur “supercruising” seperti Su-35 yang mampu melebihi kecepatan suara tanpa afterburner yang menenggak bahan bakar berpotensi dapat melesatkan rudal yang lebih jauh dari jangkauan rudal itu.

Karena supercruise seperti para pesaingnya, JSF tidak bisa meluncurkan senjata dengan kekuatan ekstra.

Lebih penting lagi, tergantung pada varian, R-77 ini menawarkan bimbingan radar atau dapat mendeteksi panas. Pilot pesawat tempur juga dapat menggunakan radar pesawatnya untuk menunjuk senjata ke target, di mana sensor pasif pada rudal mengambil alih. Sebaliknya, AIM-120 hanya datang dengan satu arahan yakni bimbingan radar aktif on-board.

Hal ini memberikan pilot Rusia atau China memiliki lebih banyak cara untuk membunuh lawan-lawan mereka. Radar macet? ada pencari panas. Sensor IR tidak berguna? Biarkan rudal mencoba untuk mengikuti sinyal elektronik lawan sendiri.

Dalam hal senjata F-35 juga memiliki persoalan. Dalam mode stealth, dengan senjata ada di internal, F-35 hanya membawa empat AIM-120. Dan itu jika tidak membawa beban standar bom GPS-dipandu.

J-20 China tampaknya memiliki ruang untuk empat rudal dalam pintu senjata utamanya, bersama dengan dua rudal lainnya di pintu kecil di sisi badan pesawat. Sedangkan Su-35 dapat membawa 10 rudal di bawah sayap dan badan pesawat.

Ada alasan yang baik untuk membawa banyak rudal. Sebuah AIM-120 atau R-77 atau PL-12 tidak bisa diasumsikan sebagai pembunuh yang pasti sukses. Rudal bisa mengalami kerusakan atau salah bidik.

Anda memiliki peluang keberhasilan lebih dengan tembakan beberapa rudal,” kata Thomas Christie, seorang analis yang bekerja dengan pilot Angkatan Udara legendaris Kolonel John Boyd. Di masa lalu, pilot pesawat tempur dilatih untuk menembakkan dua rudal pada waktu bersamaan, Christie menjelaskan.

Dengan menggunakan metode ini, JSF mungkin mendapatkan hanya satu tembakan atau dua. Sementara itu, jet Rusia atau China bisa dengan tenang melakukan dua kali lebih banyak keterlibatan individu – atau meningkatkan peluang mereka membunuh dengan menembakkan tiga atau lebih rudal pada suatu waktu.

Sekarang Pentagon harus menyadari kekurangan JSF ini. Persenjataan terbatas F-35 adalah salah satu masalah utama. Di simulasi tempur Pasifik Visi oleh RAND think-tank California menyebutkan F-22 dan F-35 kalah dalam simulasi pertempuran di atas Selat Taiwan.

Dua lusin jet tempur China J-11 membawa hampir 250 rudal jarak jauh ke pertarungan simulasi. F-35 dalam jumlah yang sama hanya membawa kurang dari 100 AIM-120. Jet Beijing akhirnya dengan mudah membuat Amerika kewalahan. Padahal J-11 bukan petarung terbaik di China.

Dengan sensor yang terbatas, dikompromikan siluman, energi tidak cukup dan terlalu sedikit senjata, F-35 mungkin sudah kalah dalam pertarungan jarak jauh. Sementara dalam pertarungan jarak pendek juga tidak berkutik.

  Jejaktapak  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...