Selasa, 23 Juni 2015

[World] Taliban serang gedung Parlemen Afghanistan

Kelompok militan Taliban melakukan serangan terhadap gedung parlemen Afghanistan di ibukota Kabul. http://ichef.bbci.co.uk/news/ws/660/amz/worldservice/live/assets/images/2015/06/22/150622075356_taliban_624x351_bbc.jpgSerangan bom mobil terhadap gedung Parlemen membuat anggota parlemen melarikan diri ke tempat yang dianggap lebih aman.

Para penyerang meledakkan sebuah bom mobil di luar gedung, sebelum mereka menyerang ke dalam gedung parlemen, demikian laporan sejumlah saksi mata.

Polisi mengevakuasi para anggota parlemen yang berada di dalam gedung sambil mencoba melawan para penyerang.

 Dipenuhi asap 

Sejumlah foto yang dimuat media sosial menunjukkan ruangan sejumlah gedung parlemen dipenuhi asap dan orang-orang berlarian mencari perlindungan.

Insiden serangan ini terjadi ketika Menteri Pertahanan Afghanistan yang baru, Massoom Stanekzai tengah diperkenalkan kepada anggota parlemen.

Menurut laporan media setempat, serangan berupa ledakan bom juga terjadi di wilayah Kabul lainnya, Dahmazang.

Stasiun televisi Afghanistan menyiarkan langsung serangan ini ketika pasukan Taliban menyerang gedung parlemen dan anggota parlemen terlihat melarikan diri.
Ketujuh penyerang gedung parlemen di Kabul tewas http://ichef.bbci.co.uk/news/ws/660/amz/worldservice/live/assets/images/2015/06/22/150622122637_kabul_640x360_afp.jpgSelain penyerang, dua warga sipil dilaporkan tewas dalam serangan di gedung parlemen Afghanistan.

Seluruh pria bersenjata yang berjumlah tujuh orang yang menyerang gedung parlemen di ibu kota Afghanistan, Kabul, tewas dalam aksi aparat keamanan, seperti dijelaskan Kementerian Dalam Negeri.

Dua warga sipil, seorang perempuan dan anak laki-laki berusa 10 tahun, ikut tewas dalam insiden ini sementara 40 anggota lainnya, termasuk dua anggota parlemen, cedera.

Polisi mengevakuasi gedung parlemen dan kawasan sekitarnya saat melakukan aksi untuk melumpuhkan para penyerang.
http://ichef.bbci.co.uk/news/ws/624/amz/worldservice/live/assets/images/2015/06/22/150622122535_kabul_640x360_ap.jpgGedung parlemen dan sekitarnya dievakuasi menjelang aksi aparat keamanan terhadap para penyerang.

Seorang juru bicara Kementerian Dalam Negeri, Sediq Seddiqi, mengatakan bahwa para penyerang meledakkan bom mobil di pintu masuk gedung parlemen dan melepas tembakan bertubi-tubi selama lebih dari satu jam.

Kelompok militan Taliban mengatakan melancarkan serangan karena parlemen akan bersidang untuk menunjuk menteri pertahanan yang baru, Massoom Stanekzai.

Serangan terjadi ketika stasiun TV sedang melakukan siaran langsung dan para anggota parlemen terlihat berupaya menyelamatkan diri.

Taliban belakangan ini dilaporkan berhasil bergerak maju menguasai wilayah baru dan para wartawan melaporkan serangan di gedung parlemen ini sebagai upaya untuk memperlihatkan kekuatan mereka bertepatan dengan upaya untuk mempertemukan pemerintah Afghanistan dan Taliban.

  ★ BBC  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...