Senin, 29 Juni 2015

Koarmabar Gagalkan Upaya Perompakan Kapal Kargo

KRI Sembilang-850 salah satu unsur kapal perang Koarmabar yang berhasil menggagalkan upaya percobaan perompakan terhadap MV. Levan yang tengah berlayar di Selat Philips, Senin (29/6).  

KRI Sembilang-850 salah satu unsur kapal perang Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) berhasil menggagalkan upaya percobaan perompakan terhadap MV. Levan kapal kargo berbendera Bahama yang tengah berlayar di Selat Philips, Senin (29/6).

Penggagalan upaya perompakan terhadap MV. Levan ini, bermula saat KRI Sembilang-850 melaksanakan patroli laut di sekitar perairan Selat Philips pada jam 03.00 WIB kemudian menerima informasi melalui telepon dari Western Fleet Quick Response (WFQR) Koarmabar yang berada di Batam tentang adanya upaya percobaan perompakan kapal asing tersebut.

Informasi yang diterima WFQR ini diperoleh dari Maritime Security Task Force (MSTF) ME3 KEITH Singapura yang menyatakan MV. Levan ketika berlayar pada posisi 01° 07’ 474’’ U – 103° 45’ 581’’ T didekati boat tak dikenal dengan 3 orang pengawak.

Setelah menerima informasi tersebut, KRI Sembilang-850 segera bergerak menuju sasaran guna melaksanakan pengecekan. Kurang lebih 30 menit KRI Sembilang-850 medeteksi adanya sebuah obyek berupa kapal.

Guna memastikan kapal yang dicari, KRI Sembilang-850 mendekati kapal tersebut dengan jarak 500 yard. Setelah disorot dengan lampu, diketahui kapal tersebut adalah MV. Levan yang sedang didekati sebuah boat. Mengetahui kehadiran kapal perang, boat yang berusaha mendekat MV. Levan akhirnya melarikan diri menuju selatan ke arah barat Pulau Pemping dan selanjutnya hilang dari pantauan radar.

Setelah memastikan Kapal kargo MV. Levan dalam keadaan aman, KRI Sembilang-850 melanjutkan patroli laut kembali untuk melaksanakan pengecekan serta pemantauan terhadap kapal-kapal yang melintasi di sekitar peraiaran Selat Philips. (dispenarmabar/sir)

  ♖ Poskota  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...