Rabu, 03 Juni 2015

Indonesia Jalin Kembali Hubungan Militer dengan Mesir

imageHubungan militer antara Indonesia dengan Mesir yang sempat terputus beberapa waktu lalu kembali dilirik untuk dijalin kembali. Sejumlah usaha sudah dilakukan dan saat ini kedua negara masih tahap penjajakan. Demikin disampaikan Atase Pertahanan Republik Indonesia untuk Mesir, Kolonel (Mar) Ipung Purwadi saat berkunjung ke KRI Bannjarmasin (BJM) 592 dalam acara Cocktail Party di Alexandria, Mesir, Sabtu (30/05).

Ipung menjelaskan, sejumlah hal yang sudah dilakukan Pemerintah RI dalam menjalin kembali hubungan tersebut, diantaranya melalui berbagai seminar dan undangan resmi kepada Pemerintah Mesir untuk menghadiri berbagai pameran pertahanan di Indonesia.

Sampai saat ini kita memanfaatkan seminar atau simposium yang digelar di Indonesia. Kita juga mengundang pihak angkatan bersenjata Mesir untuk datang ke pameran pertahanan. Jadi kemungkinan-kemungkinan itu yang kita coba dengan mempromosikan produk-produk pertahanan yang bisa kita tawarkan kepada mereka sehingga mereka bisa melihat kemampuan Indonesia dalam mengelola pertahanan. Jadi itu mungkin yang bisa kita gali dan kita tingkatkan,” jelasnya panjang lebar.

Lebih lanjut dirinya pun berharap peningkatan kerjasama tersebut dapat memberikan banyak manfaat dari berbagai aspek termasuk berbagi pengalaman dalam pertempuran.

Pada tempat yang sama, Duta Besar Indonesia untuk Mesir, Nurfaizi Suwandi, menjelaskan bahwa bangsa Mesir memang dapat dijadikan contoh dalam pertahanan karena berpengalaman menghadapi Perancis dan Israel di masa lampau.

Sebagai contoh lain adalah penanganan Terusan Zues yang strategis itu, tentu akan menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi kita. Terusan Suez berada di posisi central of gravity dari Timur Tengah maupun jalan masuk dari Asia ke Timur Tengah, Eropa dan Afrika Utara. Ini suatu hal yang sangat bermanfaat untuk bisa kita jadikan pelajaran berharga,” ujarnya.

Dubes Ri juga menyampaikan bahwa di sisi lain Mesir juga dapat menimba pengalaman dari sejarah dan kekuatan laut yang dimiliki bangsa Indonesia. [Firmanto Hanggoro]

  JMOL  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...