Minggu, 17 Mei 2015

RI - AS Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Pertahanan dan Militer

Pemerintah Indonesia dan Amerika Serikat, sepakat meningkatkan kerja sama bidang pertahanan dan militer yang selama ini sudah terjalin sangat baik.

Hal itu dinyatakan saat pertemuan Menteri Pertahanan (Menhan) RI Ryamizard Ryacudu dengan United States Pacific Command (US PACOM) Commander, Admiral Samuel J. Locklear dan United States Army Pacific (US ARPAC) Commander, General Vincent K. Brooks, di Hawaii, Jumat (8/5).

Peningkatan kerjasama pertahanan dan militer tersebut, meliputi pelatihan maupun latihan bersama, pertukaran instruktur dan latihan untuk Korps Kopassus serta Marinir.

Khusus untuk Angkatan Darat, kedua negara sepakat meningkatkan kerjasama dalam hal latihan operasi khusus menghadapi ancaman terorisme antara Korps Kopassus Indonesia dan Kopassus Amerika Serikat.

Selain peningkatan kerjasama pertahanan dan militer, hal lainnya yang menjadi topik pembicaraan antara lain, pertukaran pandangan tentang perkembangan situasi keamanan di Laut China Selatan, yang berisi ajakan kepada semua pihak untuk menjaga stabilitas dan keamanan Laut China Selatan dengan menghormati kode etik dan code of conduct di Laut China Selatan.

Menhan juga menyampaikan kebijakan pertahanan Indonesia saat ini, dimana ancaman nyata yang dihadapi meliputi terorisme, bencana alam, bencana akibat kelengahan manusia seperti longsor, kebakaran hutan dan pemanasan global, keamanan maritim khususnya perompakan, kemudian separatisme, pelanggaran perbatasan, kejahatan trans-nasional serta wabah penyakit seperti flu burung, SARS, MARS maupun ebola.

Melalui pertemuan itu, kedua pihak menyatakan kesepakatannya meningkatkan kerja sama bidang pertahanan dan militer secara terus menerus, dalam menghadapi ancaman-ancaman nyata di atas.

Usai melakukan pembicaraan dengan dua pejabat tinggi militer AS, Menhan RI juga berkesempatan mengunjungi Squadron US Navy P-3C Orion sebagai satuan penerbang pengintai Keamanan Maritim Angkatan Laut AS, dirangkai dengan ziarah ke lokasi pelabuhan militer Pearl Habour yang diserang Angkatan Bersenjata Jepang saat Perang Dunia-II, sehingga mengakibatkan tenggelamnya sejumlah Kapal Perang Amerika Serikat.


  DMC  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...