Sabtu, 23 Mei 2015

Latihan Bersama KRI SIM dengan Kapal Perang Brasil BRS APA P-121

Laut Meditterania, 20 Mei 2015, KRI Sultan Iskandar Muda (SIM)-367 adalah salah satu kapal perang kebanggaan Indonesia. Mengemban tugasnya sebagai peace keeper dibawah kibaran bendera United Nations yang tergabung dalam gugus tugas Maritime Task Force (MTF) Konga XXVIII-G/ UNIFIL Lebanon pada pertengahan November 2014 memperoleh kesempatan melaksanakan latihan bersama dengan kapal perang Brasil BRS APA P-121.

BRS APA P-121 adalah kapal perang yang bergabung dalam Gugus Tugas MTF menggantikan BRS Constituicao F-42 beberapa minggu yang lalu dan merupakan kapal jenis Patroli yang mempunyai panjang dan lebar hampir sama dengan KRI SIM-367. Didalam BRS APA P-121 ini onboard MTF Commander Rear Admiral (RADM) Flavio Macedo Brasil.
Latihan yang dilaksanakan ialah serial Miscellaneous Exercise 805 (Miscex 805) Mail Bag Transfer yang dilaksanakan selama kurang lebih dua jam di Area of Maritime Operation (AMO). Latihan ini bertujuan agar unsur – unsur yang sedang melaksanakan operasi di laut mempunyai kemampuan untuk melaksanakan pengiriman logistik atau barang lainnya antar kapal pada saat pelaksanaan operasi. Sebelum pelaksanaan latihan, kegiatan diawali oleh briefing pelaku oleh Kadepops KRI SIM-367 Mayor Laut (P) Irwin Kurniady dengan penekanan pada keseriusan, ketepatan dan kecepatan bertindak dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab masing – masing dengan tetap memperhatikan keamanan dan keselamatan.

Guna mendukung kepentingan latihan, dokumentasi (Photo Exercise / Photex) dan Identification Surveillance and Recoqnition (ISR), menjelang pelaksanaan latihan KRI SIM-367 terlebih dahulu menerbangkan BO-105 NV-410 dengan pilot Kapten Laut (P) Pranatha A. Rani dan co-pilot Lettu Laut (P) Alkautsar Nisar.
Kegiatan latihan dilaksanakan dalam dua run. Run pertama dimulai ketika KRI SIM-367 melaksanakan manuver pendekatan untuk menempati posisi di stasiun lambung kiri BRS Apa P-121, disusul penembakan gun line dari KRI SIM-367, pengiriman haul line, pertukaran beberapa barang yang dimasukkan dalam “mail bag”, melepas haul line dan membentuk kembali formasi garis tunggal. Pada run kedua, BRS Apa P-121 melaksanakan manuver pendekatan dari lambung kanan KRI SIM-367 untuk kemudian melakukan rentetan kegiatan yang sama. Dalam latihan ini “tim Mailbag Transfer KRI SIM-367” mampu melaksanakan tugasnya dengan baik dan lancar sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.

Latihan diakhiri dengan dengan breakaway procedure dimana kedua kapal bergerak saling menjauh pada waktu yang bersamaan menggunakan sudut kemudi yang sudah ditentukan untuk kemudian menempati kembali zona patroli masing – masing di AMO. (PPTNI/ABP)



  Pribuminews  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...