Rabu, 11 Maret 2015

[World] Swedia Hentikan Kerjasama Militer dengan Arab Saudi

Kritik HAM Saudi menyebabkan kebuntuan diplomatik
Menteri Luar Negeri Swedia, Margot Wallstrom

Swedia membatalkan perjanjian kerjasama militer 10 tahun dengan Arab Saudi sehari setelah kedua negara terlibat dalam perselisihan diplomatik atas hak asasi manusia.

Perjanjian yang ditandatangani pada tahun 2005, meliputi berbagai bidang dari pertukaran pelatihan militer dan transfer teknologi militer.

Kesepakatan di bawah tekanan baru setelah dikritik oleh Partai Hijau, partai junior dalam koalisi pemerintahan Swedia, atas keprihatinan mereka terhadap hak asasi manusia di Arab Saudi.

Perjanjian tersebut juga telah menjadi subyek perdebatan yang intens di media Swedia dengan analis dan komentator, yang mempertanyakan apakah Swedia menempatkan hak asasi manusia dalam kebijakan luar negerinya.

Menteri Luar Negeri Swedia, Margot Wallstrom, pada bulan Januari secara terbuka mengkritik hukum cambuk terhadap seorang blogger Saudi, Raif Badawi. Kemudian Arab Saudi menanggapinya hari Senin dengan memblokir pidato Ibu Wallstrom pada pertemuan Liga Arab di Kairo.

Pidato tersebut kemudian dipublikasikan secara online, menyoroti nilai hak asasi manusia bagi individu dan masyarakat Arab Saudi. Wallstrom mengatakan Saudi telah di \kritik atas catatan hak asasi manusia.

Menteri Pertahanan Swedia, Peter Hultqvist mengatakan bahwa kesepakatan kerja sama militer sedang ternoda "karena dalam prakteknya kerjasama militer tidak terus-menerus." Dia mengatakan pihak berwenang Swedia saat ini tidak memiliki proyek bersama dengan pemerintah Arab Saudi dalam perjanjian.

Perdana Menteri Stefan Lofven sebelumnya mengatakan dia ingin melakukan negosiasi ulang persyaratan kerja sama militer kedua negara.

Dia mengatakan bahwa keputusan untuk mengakhiri perjanjian telah dibuat beberapa waktu lalu dan tidak tergantung pada gejolak diplomatik beberapa hari terakhir. Analis menyarankan itu sebagai konsesi untuk menjaga koalisi pemerintahan bersama-sama.

Para pemimpin bisnis termasuk Jacob Wallenberg, ketua perusahaan investasi Investor, pekan lalu meminta pemerintah untuk memperpanjang perjanjian dengan Arab Saudi antara lain untuk melindungi pekerjaan Swedia di sektor ekspor dan reputasi negara Nordik di kalangan bisnis internasional.[wsj]
Swedia akhiri hubungan militer dengan Arab Saudi Swedia tidak akan memperpanjang kerjasama militer denggan Saudi

Swedia tidak akan memperbaharui perjanjian kerjasama militer dengan Arab Saudi, secara efektif mengakhiri hubungan pertahanan karena meningkatnya kekhawatiran atas isu-isu hak asasi.

"Ini akan putus," kata Perdana Menteri Stefan Loefven pada stasion radio.

The Social-Demokrat premier berbicara sehari setelah Menteri Luar Negeri Swedia Margot Wallstroem menuduh Arab Saudi memblokir pidatonya pada pertemuan Liga Arab.

Arab Saudi merupakan pembeli terbesar ketiga senjata dari Swedia. Pada tahun 2014, Riyadh membeli peralatan senilai 338 juta kroner (€ 37m).

Kesepakatan, yang jatuh tempo untuk perpanjangan selama lima tahun pada Mei, telah dibatalkan tanpa perincian yang jelas.

Ms Wallstroem mengomentari Arab Saudi, atas hukuman cambuk terhadap blogger Raef Badawi, yang telah dijatuhi hukuman 1.000 cambukan dan 10 tahun penjara karena menghina Islam.[rte]

  ★ Garuda Militer  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...