Minggu, 29 Maret 2015

[World] Satu Dekade Perang Amerika, Membunuh sedikitnya 2 Juta Manusia

© AP Photo/ ALAA AL-MARJANI

S
etelah beberapa hari, Presiden Obama mengumumkan bahwa pasukan Amerika akan tetap berada di Afghanistan sampai tahun 2015, sebuah studi baru mengungkapkan tentang kepedihan perang yang dilakukan negara tersebut.

Melalui kampanye di Irak, Afghanistan, dan Pakistan, AS bertanggung jawab atas kematian jutaan manusia. Studi tersebut dilakukan oleh pemenang NGO peraih Nobel untuk bidang Physicians for Social Responsibility menemukan perkiraan jumlah korban tewas di tiga negara yang sangat tinggi.

“Penelitian ini sampai dengan kesimpulan bahwa perang secara langsung atau tidak langsung telah menewaskan sekitar 1 juta orang di Irak, di Afghanistan 220.000 orang dan di Pakistan 80.000 dengan total sekitar 1,3 juta.”

Penelitian ini juga menekankan bahwa jumlah ini hanya mewakili perkiraan konservatif.

“Jumlah kematian di tiga negara yang disebutkan di atas juga bisa menjadi lebih dari 2 juta, sedangkan jika di bawah 1 juta sangat tidak mungkin.”

Perhitungan ini juga tidak termasuk mereka yang tewas di zona perang lainnya, seperti Yaman, di mana dalam salah satu insiden kampanye drone AS, 14 orang tewas setelah pesta pernikahan karena salah sasaran.

“Sebuah jajak pendapat yang dilakukan oleh Associated Press (AP) dua tahun lalu menemukan bahwa rata-rata, warga AS percaya bahwa hanya 9.900 warga Irak tewas selama pendudukan,” laporan itu seperti dilansir Ria Novosti pada hari Jumat 27 Maret 2015. “Keadaan ini bisa sangat berbeda jika masyarakat dibuat sadar bahwa jumlah sebenarnya mungkin lebih dari seratus kali lebih tinggi.”

LSM ini sebagian menyalahkan perbedaan ini di media mainstream, yang hanya mengutip angka yang terlalu disalahpahami oleh pemerintah AS. Laporan ini mengutip mantan Menteri Irak Kesehatan Ali al-Shemari, yang memberikan contoh-contoh spesifik distorsi itu.

“Mereka melakukannya dengan sengaja,” kata al-Shemari. “Kementerian akan mengatakan sepuluh orang terbunuh di seluruh Irak, sementara aku telah menerima pada hari itu lebih dari 50 mayat di Baghdad saja.”

Dan sebagian besar dari mereka yang tewas itu hanya pernah dihitung, dan dengan demikian, tidak termasuk dalam perkiraan pemerintah.

Pada hari Selasa 23 Maret 2015, Gedung Putih mengumumkan bahwa mereka akan membatalkan rencana menari pasukan dari Afghanistan pada tahun 2015. Keputusan datang atas permintaan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani.[Sputnik]

  Garuda Militer  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...