Jumat, 13 Maret 2015

[World] Rencana Jepang untuk mengalahkan China dalam Perang

Dalam beberapa tahun terakhir, perhatian signifikan ditujukan Jepang kepada Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (PLAN). Anggaran pertahanan China, yang meningkat sepuluh kali lipat dalam dua puluh lima tahun, mendanai konstruksi modernisasi Angkatan Laut, untuk menjadi ocean-going navy. Modernisasi ini termasuk pengadaan kapal induk baru Liaoning, armada kapal perusak, frigat, korvet, kapal suplai dan kapal serbu amfibi.

PLAN memang sebuah kekuatan yang mengesankan, tapi geografi Jepang akan menciptakan tantangan selama masa perang. Jepang menguasai serangkaian pulau di Selat Miyako, yang mana angkatan laut Cina harus melakukan perjalanan di daerah itu untuk memasuki Pasifik barat. Dibentengi dengan kuat, kepemilikan Jepang atas Kepulauan Ryukyu bisa memblokir semua pelayaran di Selat tersebut.

Ryukyu telah digunakan untuk membela Jepang sebelumnya. Okinawa, pintu gerbang ke Kepulauan Home, diperkuat oleh Jepang selama Perang Dunia II dan kemudian diserang oleh Sekutu. Bagian selatan rangkaian Kepulauan Sakashima, digunakan sebagai tempat peluncuran pesawat kamikaze selama Pertempuran Okinawa.

Jepang, yang menghabiskan sekitar seperempat anggaran pertahanan China, bisa menggunakan Ryukyu untuk menjalankan rencana Anti-Access, Area Denial (A2 / AD) di Selat Miyako. Seperti strategi A2 / AD jitu lainnya, rencana di selat ini, memerlukan sedikit pengeluaran anggaran yang diperlukan.

PLAN memiliki tiga Komando armada. Armada Laut Utara yang berbasis di Qingdao, berorientasi ke Laut Kuning, sementara Armada Laut Timur, yang berbasis di Ningbo, berorientasi ke Laut Cina Timur dan sekitarnya.

Armada Utara dan Timur, dua-duanya memiliki 16 kapal perusak, 32 frigat, lima kapal selam serang nuklir, dan sekitar 40 kapal selam diesel listrik dari berbagai usia. Kekuatan ini di-backup oleh pesawat Angkatan Udara China (PLAAF), Angkatan Laut, Angkatan Udara dan rudal balistik konvensional dari Korps Artileri Kedua.

Rute yang paling langsung untuk kedua armada itu adalah Selat Miyako, gateway yang dibentuk oleh Kepulauan Sakishima Jepang. Sebuah gap dengan lebar 160 mil antara Miyako Island dan pulau Okinawa menyediakan akses terbuka ke Pasifik dan seterusnya. Gugus tugas angkatan laut Cina baru-baru ini melakukan latihan mengarungi selat.

Sulit untuk secara akurat memprediksi konflik antara Cina dan Jepang, tetapi dalam banyak skenario ini, China harus menguasai Selat Miyako. Jepang memiliki keuntungan mempersiapkan medan perang, serta mampu menyebarkan jaringan berlapis-lapis dari sensor dan senjata.

Jaringan radar terdiri dari radar AN / TPY-2 akan berjaga-jaga terhadap serangan rudal balistik oleh Korps Artileri Kedua. Hal ini akan didukung oleh kapal penjelajah dan destroyer Jepang Maritime Self Defense Force (MSDF) BMD- yang saat ini ada empat. Pencegat Patriot PAC-2 dan PAC-3 akan memberikan titik pertahanan masing-masing terhadap pesawat dan rudal balistik.

Tiga pesawat pengintai tak berawak RQ-4 Global Hawk Jepang yang dalam pengadaan dapat melakukan pengawasan laut, membayangi kapal PLAN dan menyediakan real-time target informasi kepada komandan pasukan gabungan Jepang. Mereka juga dapat memantau daratan Cina, aktivitas pelacakan di lapangan udara, pelabuhan, pangkalan rudal dan fasilitas militer lainnya.

Akhirnya, meskipun saat ini belum beroperasi, Jepang bisa menyebarkan berbagai hydrophone di sepanjang Selat mirip dengan jaringan SOSUS yang menutupi kesenjangan Greenland-Islandia Britania Raya selama Perang Dingin. Sistem ini akan memungkinkan Jepang untuk memantau kapal selam Cina di masa damai, dan efisien memusnahkan mereka selama perang.

Komandan Jepang yang bertugas mempertahankan Ryukyu akan mengambil informasi dari udara, darat, laut dan sensor bawah laut dan mengumpulkan gambar yang koheren tentang medan perang. Komandan kemudian dapat menggunakan kecerdasan ini untuk menjaga kekuatan sendiri saat menyerang pasukan Cina di mana mereka lemah, baik secara teknis dan profesional.

Armada 16 kapal selam Jepang dalam proses untuk ditingkatkan menjadi 22, akan menjadi pertahanan aktif yang paling efektif. Armada kapal selam JMSDF terdiri dari kapal Soryu baru dan kapal selam listrik diesel yang lebih tua Oyashio class, adalah salah satu yang paling profesional dan berteknologi maju di dunia. Kekuatan ini akan mengarahkan kekuatan Jepang dalam perang kapal selam menghadapi kelemahan China dalam anti-kapal selam (ASW).

Diasumsikan satu peperangan akan melibatkan 11 kapal selam Jepang, dengan menyisakan segelintir untuk mengawai perbatasan utara dengan Rusia, Jepang bisa membentuk piket dari delapan kapal selam. Beroperasi dari depan Taiwan ke pulau selatan Jepang, Kyushu, Angkatan Laut Cina akan perlu mengantisipasi setiap satu kapal selam Jepang dalam remtang 82 mil, sebuah kondisi yang menyesakkan bagi lawan.

Pesawat juga akan memainkan peran kunci, dan pesawat dari Japan Air Self Defense Force (ASDF) dan juga MSDF akan memberikan kontribusi besar-besaran untuk melawan. Operasi dari Okinawa dan Kyushu, armada pesawat peringatan dini Jepang E-767 dan E-2D akan mendeteksi pesawat musuh dan mengarahkan pertempuran udara. Jet tempur F-15J akan menjadi panah untuk mencegat dan menyapu pesawat tempur Cina. F-15J juga akan bertugas menghancurkan pesawat peringatan dini dan tanker pesawat udara China, yang secara serius akan mendegradasi kemampuan Angkatan Udara China untuk beroperasi di atas wilayah Jepang.

Ruang udara Jepang mendukung Ryukyu secara terbatas, dan sebagai prioritas akan ditempatkan F-15Js yang memiliki kemampuan superioritas udara. Dukungan bagi mereka dari basis yang jauh di daratan Jepang akan ada jet tempur F-2 JASDF, yang baru-baru ini ditingkatkan untuk mampu membawa rudal udara ke udara jarak menengah AAM-4B. F-2s juga bisa melakukan misi anti-kapal dengan rudal tipe 93 anti-kapal, terkait dengan serangan dari kapal selam dan kapal permukaan.

Pesawat patroli MSDF yang baru, Kawasaki P-1 dan yang lebih tua P-3C Orion akan melakukan pengintaian dan berburu kapal selam Cina. Jepang memiliki lebih dari 90 P-3C dan beberapa P-1s.

Saat perang terjadi, Marine Self Defence force (MSDF) akan mengatur setidaknya dua gugus tugas permukaan, berpusat di kapal pengangkut helikopter Hyuga dan Izumo class. Setiap operator akan dilengkapi sedikitnya enam helikopter anti-kapal selam, yang memungkinkan untuk berburu kapal selam Cina di wilayah yang luas. Setiap kapal gugus tugas akan dilindungi oleh kapal perusak Aegis dari Kongo atau Atago class. Gugus tugas lainnya akan berpusat di sekitar kapal Aegis dan bertugas memberikan pertahanan wilayah terhadap rudal balistik konvensional.

Untuk mendukung rencana AD /A2, Jepang bisa mengatur satu armada “street fighters”, kapal patroli berpandu rudal 200-ton Hayabusa class. Keenam kapal Hayabusa class, masing-masing dipersenjatai dengan empat rudal anti kapal SSM-1B, kira-kira setara dengan rudal Harpoon Amerika, dan kapal mampu melaju dengan kecepatan hingga 46 knot. Hayabusas class bisa melakukan serangan hit and run terhadap kapal-kapal Cina, dan bersembunyi di antara Kepulauan Sakishima di antara serangan kilat (raid) yang dilakukan.

Akhirnya, rudal darat anti-kapal Type-88 akan menjaga kekuatan Cina di teluk dan mencegah pendaratan di pulau Miyakojima, Ishigakijima, dan bahkan Okinawa. Rudal ini tidak hanya melindungi penduduk pulau, tapi juga akan menjadi figur dalam medan perang, menciptakan zona di mana kapal-kapal Cina perlu khawatir tentang ancaman yang berlapis. Sebuah sistem mobile, rudal Tipe 88 akan menjadi ancaman yang sulit bagi Cina untuk menetralisirnya.

Jepang memiliki beberapa baterai rudal tipe 88, yang meningkat enam rudal per truk pengangkut. Jenis-88 memiliki jangkauan hampir 100 mil, yang berarti bahwa rudal yang dipasang di Miyakojima dan Okinawa akan tumpang tindih dalam jangkauan, benar-benar meliputi selat. Secara teoritis, pulau-pulau berpenghuni yang ada, cukup untuk menargetkan kapal Cina dengan rudal anti-kapal darat sepanjang jalan dari Taiwan ke Kyushu. Khususnya, dalam beberapa tahun terakhir Jepang telah mengadakan latihan yang menggunakan rudal Jenis-88 di dekat Selat.

Perlu dicatat bahwa operasi Bersama akan menjadi penting untuk setiap kampanye AD/A2. Di masa lalu, pasukan militer Jepang berbentuk notoriously parochial, duplikasi kemampuan, intelijen yang terpecah pecah dan tidak adanya kesatuan komando yang efektif. Dalam skenario kami, komandan pasukan gabungan akan mengarahkan angkatan udara, darat dan laut menuju tujuan bersama.

Dalam hal itu, komandan pasukan gabungan perlu dapat berkomunikasi dengan pasukannya dengan cara yang aman. Tanpa kemampuan untuk menerima informasi dan mengirim pesanan dari jarak yang sangat jauh, pertahanan Jepang akan tergerogoti dan dikalahkan. Mengadopsi sistem komunikasi digital modern seperti Amerika Serikat standar Link 16 akan membantu memastikan komunikasi, bahkan dalam menghadapi jamming elektronik Cina.

Sebagian besar sistem untuk mendukung strategi ini sudah ada pada tempatnya. Lainnya yang dibnagun, seperti jaringan SOSUS untuk Ryukyu, komunikasi digital yang aman, dan kemampuan operasi bersama yang mudah dan tidak terlalu mahal. Yang masih dalam perbaikan antara lain: rudal hipersonik anti-kapal XASM-3, Joint Strike Fighter F-35 dan penambahan Destroyer Aegis yang sedang dalam pengerjaan.

Rencana A2 / AD Jepang akan menjadi setara dengan strategis aikido, seni bela diri Jepang yang menekankan pertahanan diri. Aikido menekankan mengubah kekuatan dan momentum musuh, untuk melawan dirinya sendiri. Demikian pula, SDF akan menarik musuh keluar ke Ryukyu, jauh dari kekuasaan darat, di mana mereka bisa dikalahkan. Strategi seperti ini cocok dengan kecenderungan masyarakat Jepang dan lebih mudah dijual secara politis.

Jepang tidak bisa berharap untuk mencocokkan anggaran belanja pertahanan sama dengan China. Meskipun demikian Jepang telah meningkatkan anggaran pertahanan selama dua tahun berturut-turut, kenaikan yang moderat dan sejalan dengan kinerja ekonomi Jepang yang biasa-biasa saja. Strategi Anti-Access, Area Denial (A2/AD) adalah cara yang ekonomis untuk mencegah China di masa damai dan mengalahkan mereka di masa perang. (Kyle Mizokami /nationalinterest.org)

  JKGR  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...