Jumat, 20 Maret 2015

[World] Pesawat NATO Cegat 7 Jet Tempur Rusia di Dekat Baltik

http://jakartagreater.com/wp-content/uploads/2014/07/image61-e1405860691931.jpgPesawat-pesawat NATO mencegat tujuh pesawat jet tempur Rusia di dekat Baltik. [Reuters]

Sejumlah pesawat NATO mencegat tujuh pesawat jet tempur Rusia saat terbang di wilayah udara internasional di dekat Latvia. Demikian pernyataan militer Latvia, semalam, yang dilansir IB Times.

Pesawat-pesawat NATO yang beraksi mencegat tujuh pesawat jet tempur Rusia itu antara lain pesawat tempur Typhoon Spanyol dan Italia. Pencegatan itu berlangsung Selasa lalu, namun militer Latvia baru mengkonfirmasi semalam.

Tujuh pesawat jet tempur Rusia yang dicegat itu adalah empat pesawat jet tempur Su-27, dua pesawat An-26 dan satu pesawat An-12. Sebelumnya, militer Latvia, melalui Twitter juga mengkonfirmasi bahwa mereka melihat dua kapal selam Rusia, tipe Kilo-class serta kapal hidrografi yang melintas di area yang berjarak 30 mil dari perairan teritorial Latvia.

Laporan manuver tujuh pesawat jet tempur Rusia itu nyaris bersamaan ketika Presiden Rusia, Vladimir Putin memerintahkan militer Armada Utara Rusia menggelar latihan perang besar-besaran. Setidaknya, 38 ribu tentara, 41 kapal perang, 15 kapal selam dan 110 pesawat terlibat dalam latihan perang itu.

”Tugas utama dari (militer Rusia) adalah untuk menilai angkatan bersenjata dari kemampuan Armada Utara dalam memenuhi tugas-tugasnya untuk memberikan jaminan keamanan Federasi Rusia di wilayah Kutub Utara,” kata Menteri Pertahanan Rusia, Jenderal Sergei Shoigu.

“Tantangan dan ancaman keamanan militer baru menuntut adanya peningkatan dari kemampuan militer angkatan bersenjata,” katanya lagi.(mas)

  sindonews  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...