Minggu, 15 Maret 2015

[World] Bagaimana S-400 Membuat F-35 Menjadi Usang

http://www.jejaktapak.com/wp-content/uploads/2015/02/s-400-e1423741692415.jpgS-400

Pada November 2014 Moskow dan Beijing menandatangani perjanjian senilai 3 miliar Dollar AS untuk penyediaan enam batalyon sistem rudal anti pesawat S-400 yang secara signifikan akan meningkatkan kemampuan pertahanan udara China terhadap AS dan sekutunya di Pasifik Barat.

Dengan berbagai pelacakan 600 km dan kemampuan untuk mencapai target pada titik 400 km dengan kecepatan lebih dari 17.000 km per jam atau lebih cepat dari kecepatan pesawat apapun yang ada sekarang ini. Dengan spesifikasi itu maka harus diakui S-400 adalah senjata yang benar-benar menakutkan. Pertama digunakan oleh Rusia pada tahun 2010, masing-masing S-400 batalyon memiliki delapan peluncur, pusat kontrol, radar dan 16 rudal tersedia sebagai isi ulang.

“Mengingat rentang yang sangat panjang dan kemampuan perang elektronik yang efektif, S-400 adalah sistem yang mampu mengubah permainan yang akan menantang kemampuan militer saat ini di tingkat operasional perang,” Paul Giarra, Paul Giarra, president, Global Strategies and Transformation mengatakan kepada Defense News. S-400 akan memiliki efek mengubah sistem pertahanan ofensif, dan memperluas area A2/AD (anti-access/area-denial) China atas wilayah sekutu Amerika dan laut lepas.

S-400 dikembangkan untuk mempertahankan angkasa Rusia udara dan beberapa ratus kilometer lebih jauh dari semua jenis rudal dan pesawat, termasuk siluman. Karena itu adalah senjata yang sangat ampuh dan akurat yang dapat menjadi kekuatan penyeimbang di teater perang, Moskow telah lama menahan godaan ekspor bahkan untuk yang lebih tua seperti S-300, untuk sekutu Suriah dan Iran.

Jika S-300 ditembakkan dari, katakanlah, Damaskus bisa mencapai Tel Aviv hanya sekitar 107 detik. Nyaris tak ada waktu bagi Israel kecuali untuk berdoa. Justru karena sistem rudal seri S ini dapat secara dramatis mengganggu keseimbangan militer, Israel telah menekan Rusia untuk tidak menjual ke Timur Tengah. Sementara S-400 China akan menjadi kabar buruk bagi F-35. Bagiamana hal itu bisa terjadi? Untuk mencari jawaban itu tidak ada salahnya kita bahas tahap per tahap dari S-400 ini.
Beda Garis Strategi AS-Rusiahttp://www.jejaktapak.com/wp-content/uploads/2014/06/s-400.jpgS-400 Triumf, sistem pertahanan udara Rusia paling canggih

Rusia dan Amerika Serikat secara tradisional mengadopsi strategi militer yang berbeda. Selama Perang Dingin AS mengandalkan jet tempur berbasis kapal induk, dan strategi berlanjut hari ini. Rusia di sisi lain dengan memutuskan sistem pertahanan rudal berbasis pantai serta rudal jelajah anti kapal.

Jika datang ke perang, pembom jarak jauh seperti Tu-95M Backfire akan lepas landas dari pangkalan yang aman jauh di benua Rusia, rudal jelajah yang kuat mereka melesat dari wilayah aman dan menghantam musuh. Pilot Rusia kemudian akan pulang untuk menonton kerusakan hasil tindakannya di CNN.

Logika Rusia sederhana. Rata-rata kapal induk bertenaga nuklir membutuhakn biaya biaya 1 miliar Dollar AS sedangkan rata-rata rudal anti-kapal hanya 1 juta dollar bahkan kurang. Uang yang digunakan untuk membangun satu kapal induk bisa membangun seribu rudal jelajah. Bahkan jika hanya sebagian kecil dari rudal ini berhasil melewati benteng udara AS maka pastilah tetap memunculkan kehancuran.

Rusia begitu yakin tentang keakuratan rudal jelajah mereka dan bisa menghancurkan kapal induk hanya dengan satu rudal berhulu ledak nuklir Raduga Kh-22 (penyebutan NATO AS-4 Kitchen). Menurut ahli senjata Bill Sweetman dan Bill Gunston rudal ini dapat diprogram untuk memasuki jendela Pentagon dengan tepat.

China juga mengikuti lintasan yang sama dengan Rusia. Negara ini telah mengadopsi strategi Perang Dingin Rusia untuk menyerang kapal induk dengan gelombang pembom bersenjata dengan rudal jelajah (yang tiruan rudal Rusia). Bahkan, kehancuran total dari carrier tidak diperlukan. Cukup sedikit kerusakan dapat menempatkan kapal besar itu harus masuk bengkel berbulan-bulan. Dan karena perang tidak akan berlangsung lama, melumpuhkan kekuatan kapal induk akan memaksa Amerika tidak berkutik dan memaksanya menyerah awal konflik konvensional.
Iblis untuk Siluman F-35http://www.jejaktapak.com/wp-content/uploads/2014/12/f-35-belanda2.jpgUntuk mengatasi ancaman rudal ke kapal induk, Amerika mengandalkan F-35 sebagai pembunuh rudal jelajah. Lebih dari satu triliun dolar telah dihabiskan untuk proyek yang penuh masalah ini. Bahkan jika F-35 mampu secara ajaib mengatasi kekurangannya, maka dia akan menghadapi tantangan serius dari S-400.

Lockheed-Martin mengklaim F-35 memiliki elektronik canggih yang bisa mendeteksi apa saja yang diarahkan padanya. Tapi S-400 tidak akan mudah untuk melepaskan siluman ini. “Sistem rudal ini memiliki banyak fitur yang dirancang khusus untuk mengatasi penanggulangan dan siluman, seperti radar lebih besar, lebih kuat yang lebih tahan terhadap jamming. Ini juga sebenarnya memiliki tiga rudal dari berbagai rentang yang menyediakan lapisan tumpang tindih pertahanan, “Ivan Oelrich, seorang analis pertahanan independen kepada Diplomat.

Ada cara lain S-400 degradasi kemampuan F-35. Pesawat generasi keempat seperti Su-30 dan MiG-29 memiliki tubuh aluminium tetapi pesawat siluman memiliki tubuh komposit dengan radar menyerap lapisan khusus yang memerlukan beberapa jam untuk menerapkan. Untuk setiap jam penerbangan, F-35 membutuhkan 9-12 jam pemeliharaan.

Tapi itu dalam penerbangan normal. Keausan akan menjadi tingkat yang lebih tinggi selama manuver mengelak yang tak terelakkan jika mencoba untuk melepaskan kunci radar S-400 (yang jika F-35 memiliki cukup waktu untuk bereaksi terhadap rudal di tempat pertama). Tidak hanya kulit tersembunyi memerlukan teknik perbaikan baru, tapi kerusakan kulit yang luas akan memerlukan perbaikan di fasilitas darat. Hal ini karena alasan inilah angkatan udara Eglin basis di Florida memiliki 17 mekanik per F-35.
Angkatan Laut AS Gelisahhttp://www.jejaktapak.com/wp-content/uploads/2014/08/adfadf-e1417569331876.jpgEA-18G Growler

Pendukung F-35 mengatakan pesawat dapat memancarkan frekuensi, yang dapat membingungkan dan menonaktifkan S-400. Tapi akuisisi Angkatan Laut AS terhadap 22 pesawat jamming Growler juga menunjukkan mereka sendiri ragu dengan kemampuan jamming F-35. Menurut Air Force Technology, ada pendapat di Angkatan Laut AS dan industri yang mengatakan siluman dan kemampuan perang elektronik F-35 tidak memadahi.

“Para pejabat Pentagon berada dalam posisi canggung. Jika Pentagon berinvestasi pada pesawat perang elektroni seperti Growler itu menandakan kurangnya keperecayaan mereka terhadap kemampuan F-35 untuk menembus wilayah udara musuh.”

Menurut Air Power Australia, “Keluarga sistem rudal permukaan ke udara S-300P / S-400 tidak diragukan lagi sebagia sistem SAM paling mampu digunakan secara luas di kawasan Asia Pasifik.”

“Sementara S-300P / S-400 sering dicap ‘Patriot Rusia”, sistem dalam banyak hal memiliki banyak kemampua lebih dibandingkan Rudal Patriot AS”
Kepercayaan untuk Chinahttp://www.jejaktapak.com/wp-content/uploads/2014/07/s-400-e1426163251759.jpgSistem Pertahanan Udara S-400

Kesepakatan soal rudal telah mencapai titik temu dalam pembicaraan antara Moskow dan Beijing. Kesepakatan S-400 mengikuti penjualan jet tempur Su-35 ke China yang diputuskan 2015 lalu. Negosiasi yang sempat macet selama bertahun-tahun karena pihak Rusia ingin melindungi kekayaan intelektual mereka setelah Barat menjatuhkan sanksi.

Rusia khawatir China akan membeli beberapa ‘sampel’, membawa mereka terpisah, dan kemudian membatalkan kesepakatan setelah memutuskan mereka bisa membuat versi lokal dan kemudian dijual dengan harga murah. Hal ini juga dilakukan China dalam membangun J-15 yang merupakan salinan dari Su-33 Rusia.

Namun, kompleksitas S-300 dan mesin pesawat Rusia terbukti telah menjadi kendala terbesar pada industri peniru Beijing. Hal ini telah meyakinkan Moskow tentang melanjutkan penjualan persenjataan canggih. Selain itu pada tahun 2008 dan 2012 Rusia membuat China menandatangani perjanjian perlindungan kekayaan intelektual yang lebih kuat.

Sampai sekarang Beijing hanya akan menerima empat sistem ini, tetapi bahkan sejumlah kecil ini akan cukup untuk membuat sistem yang juga disebut sebagai Daddy of Iron Domes atau ayah Iron Dome ini bisa mengobrak-abrik medan perang masa depan.

  ♆ jejaktapak  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...