Rabu, 04 Maret 2015

Panglima Armada AL India kunjungi Komando Armada Timur TNI AL

Kapal Perang India merapat di Jakarta

P
anglima Armada Angkatan Laut India, Vice Admiral Surinder Pal Singh Cheema, mengunjungi Komando Armada Indonesia Kawasan Timur TNI AL dan Akademi Angkatan Laut.

Kunjungan kehormatan dari Angkatan Laut India itu diterima Kepala Staf Komando Armada Indonesia Kawasan Timur TNI AL, Laksamana Pertama TNI Mintoro Yulianto, dan Komandan Satuan Kapal Cepat Koarmatim, Kolonel Pelaut Aria Cakra Wibawa, di Ruang VIP Gedung Laksamana Nala, Koarmatim Ujung Surabaya, Selasa.

Dalam kunjungan itu, Cheema didampingi Athase Pertahanan Kedutaan Besar India di Jakarta, Captain Kartik Murthy, Komandan INS Kesary, Letnan Kolonel K Shankar, dan tiga komandan kapal perang Angkatan Laut India.

Tiga komandan kapal itu, yaitu Komandan INS Tir A-86, Komandan INS Kesari L-15, dan Komandan ICGS Varuna. Ketiga kapal perang itu sandar di Dermaga Jamrud, Tanjung Perak Surabaya, membawa 250 Taruna Akademi Angkatan Laut India dan anak buah kapal sebanyak 700 personel.

Selain itu, Cheema juga berkunjung ke Akademi Angkatan Laut, di Bumimoro, Surabaya, yang diterima Wakil Gubernur AAL, Laksamana Pertama TNI Deddy Muhibah Pribadi, yang mewakili Gubernur AAL, Mayor Jenderal TNI (Marinir) Guntur IC Lelono.

Sebelum penyambutan itu, kadet AAL dengan kadet Akademi Angkatan Laut India melaksanakan pertandingan olahraga persahabatan di fasilitas olahraga AAL Bumimoro, Surabaya. Sebanyak tiga cabang olahraga yang dipertandingkan, yaitu sepak bola, volly ball, dan basket.

Pada cabang sepak bola dan volly ball dimenangkan kadet AAL, sedangkan cabang bola basket dimenangkan Taruna AL India. Pertandingan olahraga persahabatan ini disaksikan Wagub AAL Laksma TNI Deddy Muhibah Pribadi.

Dalam waktu yang sama (3/3), 33 kadet Akademi Angkatan Laut India mengunjungi "sarang petarung" Bhumi Marinir Karangpilang, Surabaya yang diterima langsung oleh Komandan Pasmar-1, Brigadir Jenderal TNI (Mar) Kasirun Situmorang.

Saat itu, Komandan Pasmar-1 didampingi Asops Danpasmar-1 Kolonel Marinir I Made Sukada, Danmenkav-1 Mar Kolonel Marinir Herkulanus HS, Danmenart-1 Mar Letkol Marinir F. Simanjorang dan perwira di jajaran Pasmar-1.

Sementara itu para Kadet Royal Indian Navy didampingi Lt. Cmdr Charlie, Lt. Cmdr Rathod dan LT. V Barthwal. Mereka sempat foto bersama di Monumen Raksa Nusantara Cakti Pasmar-1.

Para kadet India itu juga melakujan tour facility, di Kesatrian Marinir Sutedi Senaputra serta menyaksikan secara langsung kegiatan para prajurit Pasmar-1 yang sedang melaksanakan latihan menembak jitu, pistol, senjata mesin sedang GPMG dan latihan terjun bebas yang dilakukan prajurit Yontaifib-1 Mar.

"Indonesia dan India telah menjalin kerja sama yang sangat baik, khususnya di bidang militer, karena itu muhibah Kadet Royal Indian Navy di Pasmar-1 akan dapat meningkatkan hubungan yang sudah terjalin dengan baik antara Indonesia dan India," kata Situmorang.

  Antara  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...