Rabu, 11 Februari 2015

[World] Kami membuat 5 asumsi salah yang berbahaya tentang China

Michael Pillsbury adalah direktur Hudson Institute Center for Strategi Cina dan penasihat top kebijakan pertahanan. Dia bekerja pada kebijakan dan isu-isu intelijen China untuk Gedung Putih selama beberapa pemerintahan AS. Posting berikut adalah kutipan dari bukunya, “The Hundred-Year Marathon”. https://static-ssl.businessinsider.com/image/54d3dc9069bedd381509b75a-1200-924/china-187.jpgCerita ini berasal dari "The Hundred Year Marathon" oleh Michael Pillsbury.

Saya adalah salah satu orang pertama yang menyediakan intelijen ke Gedung Putih mendukung sebuah overture ke Cina, pada tahun 1969.

Selama beberapa dekade, saya memainkan peran penting dalam kadang-kadang mendesak pemerintah kedua belah pihak untuk menyediakan Cina dengan bantuan teknologi dan militer.

Saya menerima sebagian besar asumsi bersama dari diplomat dan akademisi top Amerika, yang ditanamkan berulang kali dalam diskusi Amerika strategis, komentar, dan analisa media.

Kami percaya bahwa bantuan Amerika kepada China yang rapuh, membuat para pemimpinnya berpikir seperti kita akan membantu China menjadi kekuatan yang demokratis dan damai tanpa ambisi dominasi regional atau bahkan global.

Asumsi setiap orang akan keyakinan seperti itu adalah salah - dan malah berbahaya.

Kesalahan dari asumsi-asumsi tersebut menjadi jelas dari hari ke hari, dengan apa yang dilakukan maupun yang tidak oleh Cina menjadi sama pentingnya.
Salah asumsi # 1: Keterlibatan membawa kerjasama yang lengkap https://static-ssl.businessinsider.com/image/54d3c6d2eab8eacf7b8b456d-1200-600/china-186.jpgReuters / Kim Kyung-Hoon

Selama empat dekade sampai sekarang, rekan-rekan saya dan saya percaya bahwa "keterlibatan" dengan China akan mendorong China untuk bekerja sama dengan Barat pada berbagai masalah kebijakan. Hal ini ternyata tidak. Perdagangan dan teknologi seharusnya mengarah pada convergence pandangan China dan Barat pada pertanyaan tatanan regional dan global. China belum melakukannya. Singkatnya, China telah gagal memenuhi hampir semua harapan kita.

Salah satu contoh, misalnya, senjata pemusnah massal. Menimbulkan bahaya yang sangat besar ke Amerika Serikat bersama dengan sekutu-sekutu nya. Namun China kurang bermanfaat - secara halus - dalam memeriksa maupun menekan ambisi nuklir Korea Utara dan Iran.

Sebagai buntut dari 9/11, beberapa komentator menyatakan keyakinan bahwa Amerika dan China selanjutnya akan disatukan oleh ancaman terorisme, sebanyak yang mereka pernah ditarik bersama-sama oleh momok Uni Soviet. Ini harapan yang tinggi untuk bekerja sama untuk menghadapi "bahaya umum" terorisme, Presiden George W. Bush pada Januari 2002, dengan berbicara tentang "menghapus persaingan tua," tidak mengubah sikap China. Kolaborasi Sino-Amerika tentang masalah ini telah berubah menjadi sangat terbatas dalam lingkup dan signifikansi.
Salah asumsi # 2: China di jalan menuju demokrasi https://static-ssl.businessinsider.com/image/54d3d8666bb3f7a328822900-1200-600/incense-china.jpgReuters / Stringer

Cina telah pasti berubah dalam tiga puluh tahun terakhir, tetapi sistem politiknya belum berkembang dengan cara-cara yang kita harapkan. Gagasan bahwa benih-benih demokrasi telah ditaburkan di tingkat desa menjadi kebijaksanaan konvensional di antara banyak pengamat China di Amerika.

Iman saya pertama kali terguncang pada tahun 1997, ketika saya masih di antara mereka didorong untuk mengunjungi China untuk menyaksikan munculnya "demokrasi" Pemilu di sebuah desa dekat kota industri Dongguan. Saat mengunjungi, saya memiliki kesempatan untuk berbicara dalam bahasa Mandarin dengan kandidat dan melihat bagaimana pemilu benar-benar bekerja. Aturan tidak tertulis dari permainan segera menjadi jelas: calon diizinkan ada majelis etika, tidak ada iklan televisi, dan tidak ada poster kampanye.

Mereka tidak diizinkan untuk mengkritik setiap kebijakan yang diterapkan oleh Partai Komunis, mereka juga tidak bebas untuk mengkritik lawan mereka pada masalah apapun. Tidak akan ada perdebatan gaya Amerika atas pajak atau pengeluaran atau masa depan negara itu. Satu-satunya hal calon bisa lakukan adalah untuk membandingkan kualitas pribadinya dengan lawannya. Pelanggaran aturan ini diperlakukan sebagai kejahatan.
Salah asumsi # 3: Cina, bunga yang rapuh https://static-ssl.businessinsider.com/image/54d3d90c6da8116477a0aa13-1200-600/china-phone-2.jpgReuters/Edgar Su

Pada tahun 1996, saya adalah bagian dari delegasi AS ke China dan termasuk Robert Ellsworth, penasihat top kebijakan luar negeri untuk calon presiden dari Partai Republik, Robert Dole.

Dalam apa yang tampaknya menjadi pertukaran terus terang pandangan dengan sarjana China, kami diberitahu bahwa China sedang dalam bahaya ekonomi dan politik yang serius - dan bahwa potensi runtuhnya tampak besar. Cendekiawan ini menunjuk masalah China serius lingkungan, gelisah etnis minoritas, dan pemimpin pemerintahan yang tidak kompeten dan korup - serta ketidakmampuan para pemimpin 'untuk melaksanakan reformasi yang diperlukan.

Saya kemudian mengetahui bahwa orang Cina mengawal kelompok lain dari akademisi Amerika, pemimpin bisnis, dan ahli kebijakan konon "eksklusif" ini kunjungan, di mana mereka juga menerima pesan yang sama tentang penurunan datang China. Banyak dari mereka kemudian diulang ini "wahyu" dalam artikel, buku, dan komentar kembali di Amerika Serikat.

Namun faktanya adalah bahwa GDP China sudah kuat diperkirakan akan terus tumbuh minimal 7 atau 8 persen, sehingga melebihi dari Amerika Serikat pada awal tahun 2018, menurut ekonom dari Dana Moneter Internasional, Organisasi Ekonomi kerjasama dan Pembangunan, dan PBB. Sayangnya, para ahli kebijakan China seperti saya begitu terikat pada gagasan "runtuhnya kedatangan China" yang sedikit dari kita percaya ramalan ini. Sementara kita khawatir tentang kesengsaraan China, ekonomi yang lebih dari dua kali lipat.
Salah asumsi # 4: China ingin menjadi - dan - seperti kita https://static-ssl.businessinsider.com/image/54d3db936bb3f7cf32822902-1200-600/news-conference-china.jpgSeorang wartawan asing mengangkat tangannya untuk mengajukan pertanyaan saat konferensi pers di Beijing. Reuters / Carlos Barria

Dalam kesombongan kita, Amerika suka percaya bahwa aspirasi setiap negara lainnya ingin menjadi seperti Amerika Serikat. Dalam beberapa tahun terakhir, ini telah diatur pendekatan kami ke Irak dan Afghanistan. Kami melekat pada mentalitas yang sama dengan China.

Pada tahun 1940, pemerintah AS mendanai upaya untuk memahami pola pikir China. Salah satu kesimpulan yang muncul adalah bahwa Cina tidak melihat strategi yang sama dengan cara yang Amerika lakukan. Sedangkan Amerika cenderung mendukung aksi langsung, namun orang-orang dari etnis Tionghoa ditemukan tidak mau berterus terang, ambiguitas dan transparansi. Kesimpulan lain adalah bahwa sastra dan tulisan-tulisan Cina pada strategi yang menipu.

Dua dekade kemudian, Nathan Leites, yang terkenal untuk studi budaya psikoanalisis nya, mengamati:

Literatur Cina pada strategi dari Sun Tzu melalui Mao Tse-tung telah menekankan penipuan lebih banyak dari doktrin militer. Penipuan Cina berorientasi terutama terhadap mendorong musuh untuk bertindak inexpediently dan kurang menuju melindungi integritas dari rencananya.
Salah asumsi # 5: Elang China lemah https://static-ssl.businessinsider.com/image/54d3dc2c6bb3f7ca3282290d-1200-600/freedom-birds-geese-letting-go-flying-free-china-1.jpgSeorang polisi paramiliter melepaskan angsa liar di Linghai, Provinsi Liaoning, 20 Januari 2015. REUTERS / China Daily

Pada akhir 1990-an, pada masa pemerintahan Clinton, saya ditugaskan oleh Departemen Pertahanan dan CIA untuk melakukan pemeriksaan yang belum pernah terjadi sebelumnya atas kapasitas Cina untuk menipu Amerika Serikat dengan tindakannya sampai saat ini di sepanjang garis itu.

Seiring waktu, saya menemukan proposal oleh elang Cina (ying pai) ke pemimpin China yang menyesatkan dan memanipulasi kebijakan Amerika untuk mendapatkan intelijen dan militer, teknologi, dan bantuan ekonomi. Saya belajar bahwa elang tersebut telah menasihati para pemimpin Cina, dimulai dari Mao Zedong, untuk membalas satu abad penghinaan dan bercita-cita untuk menggantikan Amerika Serikat sebagai kekuatan ekonomi, militer, dan pemimpin politik dunia pada tahun 2049 (ulang tahun keseratus Revolusi Komunis).

Rencana ini kemudian dikenal sebagai "Hundred Year Marathon." Ini adalah rencana yang telah dilaksanakan oleh pimpinan Partai Komunis dari awal hubungannya dengan Amerika Serikat.

Ketika saya mempresentasikan temuan saya pada rekomendasi elang China tentang ambisi China dan strategi penipuan, banyak analis intelijen AS dan pejabat menyambut mereka awalnya dengan percaya. Pemimpin Cina secara rutin meyakinkan negara-negara lain bahwa "China tidak akan pernah menjadi hegemoni." Dengan kata lain, Cina akan menjadi negara yang paling kuat, tapi tidak ingin mendominasi siapa pun atau mencoba untuk mengubah apa pun.

Kekuatan 'Hundred Year Marathon', bagaimanapun, adalah bahwa hal itu beroperasi secara siluman. Untuk meminjam dari film Fight Club, aturan pertama dari Marathon adalah bahwa Anda tidak berbicara tentang Marathon. Memang, ada hampir pasti tidak ada rencana induk tunggal terkunci dalam lemari besi di Beijing yang mencantumkan Marathon secara rinci. The Marathon begitu dikenal para pemimpin China bahwa tidak ada kebutuhan untuk risiko eksposur dengan menuliskannya. Tetapi Cina mulai berbicara tentang gagasan yang lebih terbuka - mungkin karena mereka menyadari hal itu mungkin sudah terlambat bagi Amerika untuk mengikuti.
https://static-ssl.businessinsider.com/image/54d3edafecad045331c90e10-1200-600/china-188.jpgDelegasi duduk di panggung sebelum upacara pembukaan tanggal 18 Kongres Nasional Partai Komunis China di Balai Agung Rakyat di Beijing, 8 November 2012.

Aku mengamati pergeseran sikap China selama tiga kunjungan ke negara itu pada tahun 2012, 2013, dan 2014. Seperti kebiasaan saya, saya bertemu dengan ulama di think tank utama negara itu, yang aku datangi untuk memahami dengan baik selama beberapa dekade. Saya langsung bertanya kepada mereka tentang "tatanan dunia yang dipimpin China" - sebuah istilah yang 'tabu'. Namun, saat ini banyak mengatakan secara terbuka bahwa ada orde baru, atau peremajaan untuk yang akan datang, bahkan lebih cepat daripada yang diantisipasi. Ketika ekonomi AS babak belur selama krisis keuangan global tahun 2008, Cina percaya Amerika telah mengantisipasi dan segera memulihkannya.

Saya diberitahu - oleh orang yang sama yang sudah lama meyakinkan saya, minat China hanya dalam peran kepemimpinan yang sederhana dalam sebuah dunia multipolar muncul - bahwa Partai Komunis mewujudkan tujuan jangka panjang untuk memulihkan China untuk tempat yang "tepat" di dunia. Akibatnya, mereka mengatakan bahwa mereka telah menipu saya dan pemerintah Amerika. Dengan mungkin sedikit kebanggaan bersahaja, mereka mengungkapkan kegagalan intelijen yang paling sistematis, signifikan, dan berbahaya dalam sejarah Amerika. Dan karena kita tidak tahu bahwa 'maraton' sedang berlangsung, dan Amerika mengalami kerugian.[businessinsider]

  Garuda Militer  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...