Kamis, 05 Februari 2015

[World] Jepang Memperluas Patroli ke Laut Cina Selatan

Kapal Selam Andalan Jepang Soryu Class

P
emerintah Jepang mengatakan akan mempertimbangkan melakukan patroli udara dan laut di Laut Cina Selatan, sebuah langkah yang akan menimbulak risiko ketegangan segar dengan China dengan kehadiran militernya di wilayah tersebut.

"Saling ketergantungan bangsa meningkat dan pendalaman, dan situasi di Laut China Selatan mempengaruhi keamanan nasional kita," kata Menteri Pertahanan Jenderal Nakatani kepada wartawan pada hari Selasa di Tokyo. "Cara bangsa kita menangani hal ini akan menjadi masalah ke depan," katanya, seraya menambahkan bahwa Jepang tidak memiliki rencana khusus saat ini untuk memulai patroli.

Nakatani menanggapi pertanyaan tentang komentar yang dibuat pekan lalu oleh Wakil Laksamana Robert Thomas, komandan Angkatan Laut Armada Ketujuh, yang mengatakan AS akan menyambut perpanjangan patroli udara ke Laut Cina Selatan untuk melawan meningkatnya jumlah kapal China mendorong klaim teritorial negara.

Patroli rutin Jepang saat ini meluas ke perairan di sekitar perbatasan sekitar Laut Cina Timur, di mana Jepang terlibat dalam sengketa dengan China atas kedaulatan beberapa pulau kecil. Potensi perluasan pengawasan akan hanya satu poin diskusi Jepang dan AS untuk menyelesaikan revisi kerja sama pertahanan pada semester pertama tahun ini.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Cina Hua Chunying pekan lalu memperingatkan terhadap gangguan luar di Laut Cina Selatan, tanpa secara khusus mengacu ke Jepang.

"Kami bersedia untuk dan mampu untuk bersama-sama menegakkan perdamaian dan stabilitas di Laut China Selatan," kat Hua kepada wartawan di Beijing dalam menanggapi pertanyaan tentang komentar Thomas. "Negara-negara di luar wilayah tersebut harus menghormati usaha dari negara-negara di kawasan untuk menjaga perdamaian dan stabilitas, dan menahan diri dari menabur perselisihan di antara negara-negara lain dan menciptakan ketegangan."
Kekuatan Maritim Kapal Induk Helikopter Jepang

P
residen China Xi Jinping telah berupaya untuk memperluas jangkauan China sejak berkuasa pada bulan November 2012. Pimpinan Partai Komunis telah menyatakan bahwa Cina menjadi kekuatan maritim adalah tujuan nasional. China juga mengembangkan lebih kemampuan militer dan jangka panjang siap tempur untuk menghadapi ancaman besar di Laut Cina Selatan.

Ketegangan telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir antara China dan negara-negara penuntut lainnya, terutama Filipina dan Vietnam. Filipina telah mengajukan kasus teritorialnya ke arbitrase internasional.

Cina telah menambah patroli angkatan laut untuk menutupi sebagian ancaman besar di Laut Cina Selatan, menurut laporan media pemerintah. Pemerintah di Beijing telah berulang kali membantah akan mengatur zona pertahanan udara atas wilayah tersebut.

China juga terlibat dalam sengketa dengan Jepang atas kedaulatan pulau-pulau di Laut Cina Timur, yang dikenal sebagai Senkaku di Jepang dan Diaoyu di China. Pembelian pulau tersebut oleh Jepang pada September 2012 memicu demonstrasi di negaeri Cina dan serangan terhadap perusahaan-perusahaan Jepang. Pertemuan antara kapal dan pesawat dari kedua negara telah menimbulkan potensi konfrontasi.[Bloomberg]
Jepang mengatakan dampak keamanan di Laut Cina Selatan merupakan kepentingan nasionalMenteri Pertahanan Jepang Jend. Nakatani

K
eamanan di Laut Cina Selatan, hampir seluruhnya diakui oleh China, dampak kepentingan Jepang dan bisa menjamin keamanan, memikirkan kembali penyebaran pesawat patroli militer, kata menteri pertahanan Jepang setelah Angkatan Laut AS mengatakan Washington akan menyetujui kehadiran Jepang di wilayah.

Patroli rutin oleh pesawat Jepang hanya mencapai ke Laut Cina Timur, di mana Jepang dan China terlibat dalam sengketa kedaulatan atas gugusan pulau. Memperluas penerbangan ke Laut Cina Selatan hampir pasti akan meningkatkan ketegangan antara negara kedua dan ketiga terbesar ekonomi dunia.

"Saat ini kami tidak berpatroli di sana atau memiliki rencana untuk melakukannya, tapi kami memperdalam kerjasama kami dengan AS dan situasi di Laut China Selatan memiliki dampak pada keamanan nasional kita, dan kita sadar bahwa kita perlu mempertimbangkan tanggapan kami," kata Menteri Pertahanan Jenderal Nakatani kepad wartawan, Selasa.

Pernyataan Nakatani datang dalam menanggapi sebuah wawancara yang diterbitkan oleh Reuters di mana Robert Thomas, komandan Armada Ketujuh AS, mengatakan penerbangan pengawasan Jepang di Laut Cina Selatan akan membantu mengawasi pertumbuhan armada militer kapal Cina di wilayah Asia Tenggara.

China menanggapi komentar Thomas dengan memperingatkan Jepang untuk tidak "menciptakan ketegangan".

China, Filipina, Vietnam, Taiwan, Malaysia dan Brunei telah bersaing dalam klaim teritorial di Laut Cina Selatan. Cina telah klaim dengan mengacu pada apa yang disebut nine-dash line pada peta yang yang mencakup 90 persen dari perairan yang disengketakan.

Sementara Jepang tidak memiliki klaim di wilayah tersebut, ia menyatakan mayoritas kapal yang berada di perairan tersebut berhubungan dengan ekonomi Jepang.

Komentar Thomas menunjukkan dukungan Pentagon untuk elemen kunci menekan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe untuk lebih aktif kehadiran militernya di Asia, dan Amerika Serikat dan Jepang menegosiasikan pedoman keamanan bilateral yang baru diharapkan dapat memberikan Jepang peran lebih besar dalam aliansi mereka, 70 tahun setelah akhir Perang Dunia II.

  Garuda Militer  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...