Kamis, 19 Februari 2015

[World] Rusia Ciptakan BBM Khusus Rudal Hipersonik

♙ Bahan bakar ini memungkinkan melesat melebihi Mach 5 http://cdn.sindonews.net/dyn/620/content/2015/02/18/41/966146/rusia-ciptakan-bbm-khusus-rudal-hipersonik-ygK.jpgRudal BrahMos India[Wikicommons]

Rusia telah menciptakan jenis bahan bakar minyak (BBM) baru untuk rudal hipersonik. BBM diklaim bisa membuat rudal melesat melebihi lima kali kecepatan suara.

Hal itu diungkap Wakil Menteri Pertahanan Rusia, Dmitry Bulgakov. Kemampuan Rusia itu, kata dia, akan membuat negaranya menjadi pemain utama dalam perlombaan senjata hipersonik.

”Formula telah dibuat dan energi yang terakumulasi dalam bahan bakar ini akan memungkinkan kendaraan kita (melesat) melebihi Mach 5 (lima kali kecepatan suara),” kata Bulgakov, seperti dilaporkan kantor berita Itar-Tass, Selasa kemarin. Ukuran kecepatan Mach 5 setara dengan 6.126 kilometer per jam.

Selain Rusia, Amerika Serikat, China, dan India juga berlomba-lomba mengembangkan sistem rudal hipersonik. Beberapa hari yang lalu, India juga berhasil menguji coba rudal supersonik mereka yang bernama BrahMos.

Rudal BrahMos yang melesat tiga kali lebih cepat dari rudal Tomahawk milik Amerika Serikat (AS) dibuat dengan bantuan Rusia. Rudal BrahMos diklaim sebagai rudal jelajah supersonik tercepat di dunia, dengan kecepatan Mach 3 atau setara dengan 3,675 kilometer per jam.(mas)

  ♙ Sindonews  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...