Rabu, 14 Januari 2015

[World] Sejarah Alutsista Jepang

Pesawat generasi kelima buatan Jepang

T
ujuh puluh tahun setelah berakhirnya Perang Dunia II, berbicara tentang segala jenis ekspansi militer masih sangat sensitif di Jepang.

Seperti apa yang dikatakan Akifumi Arai, Presiden Trading Company Tamagawa di Nagano yang relatif kecil memasok sensor dan giroskop untuk memandu torpedo dan rudal pasukan pertahanan diri Jepang. Selama beberapa dekade, perusahaannya hanya memiliki segelintir pelanggan yang berhubungan dengan pertahanan, terbatas pada pasar Jepang dan pemain utamanya, seperti Mitsubishi dan Fuji Heavy Industries.

Sekarang, dengan pelonggaran aturan ekspor pertahanan – bagian dari upaya Perdana Menteri Shinzo Abe yang lebih luas untuk meninggalkan sejarah kelam Jepang dan kembali menjadi negara yang “normal” – perusahaan Jepang pembuat peralatan militer memiliki kesempatan untuk menjual produknya ke luar negeri.

Tapi apa yang seharusnya menjadi peluang bisnis yang baik tetap rumit di negara yang masih dihantui perang tersebut. “Senjata bukan untuk menyerang negara lain tetapi untuk melawan (jika diserang),” kata Arai.

Tamagawa punya usaha yang dimulai di industri pertahanan dengan membuat indikator bahan bakar untuk pesawat tempur, tapi bisnis ini menjadi kering ketika Jepang dilarang oleh Amerika membangun dari pesawat militer setelah Perang Dunia II.

Tujuh puluh tahun kemudian, prospek penjualan peralatan militer kembali menjadi dilema Jepang. Pejabat di perusahaan pertahanan besar enggan untuk membahas prospek memperluas ekspor pertahanan mereka dan hanya mengatakan mereka akan melakukannya jika pemerintah meminta.

Perubahan datang sebagai bagian dari dorongan yang lebih luas dari Abe, seorang konservatif yang telah mencoba untuk menjauhkan Jepang dari warisan agresi masa perang, sering membuat marah tetangga dan mantan korban agresinya seperti Korea dan China.

Abe telah mengusulkan menafsirkan konstitusi pasifis Jepang untuk mengizinkan militer negara itu, secara resmi dikenal sebagai pasukan pertahanan diri, untuk mengirim bantuan ke negara sekutu yang diserang. Dia juga telah mencabut larangan ekspor pertahanan, meskipun pemerintah mengatakan Jepang akan terus mematuhi program yang telah diambil sampai saat ini sebagai negara yang cinta damai.

Kedua perubahan yang sangat kontroversial di negara di mana pasifisme telah menjadi posisi default. Ketika relaksasi pada penjualan pertahanan diumumkan April 2014 lalu, 77 persen orang yang disurvei oleh surat kabar Asahi Shimbun mengatakan mereka menentang perubahan, sementara hanya 17 persen mendukungnya.

Kementerian Pertahanan mengatakan perubahan dipandu oleh tiga prinsip. Pertama, pemerintah akan melarang penjualan yang melanggar perjanjian atau sanksi internasional, mengesampingkan ekspor ke Korea Utara dan Iran secara khusus, dan ke negara-negara yang terlibat dalam konflik.

Kedua, kementerian akan melakukan penjualan peralatan perang yang akan mendukung perdamaian dunia dan keamanan Jepang. Dan akhirnya, ia akan menjual hanya untuk negara-negara yang dapat tetap mengontrol teknologi, berusaha untuk membatasi transfer ke pihak ketiga.

“Tujuan utamanya adalah untuk tidak membawa lebih banyak pendapatan atau menjual senjata kami, tetapi untuk memberikan kontribusi bagi perdamaian dan keamanan internasional,” kata Masanori Kegoya divisi kebijakan peralatan Kementerian Pertahanan. “Posisi mendasar adalah bahwa Jepang harus tetap sebagai bangsa yang cinta damai yang tidak menimbulkan konflik.”
Membuka Pasar Kapal selam Jepang

P
emerintah Jepang telah menyetujui menjual giroskop yang akan digunakan dalam rudal pencegat Patriot AS untuk diproduksi dan telah meluncurkan program penelitian dengan Inggris pada teknologi rudal udara-ke-udara untuk pesawat jet tempur.

Sekarang dalam pembicaraan tentang menjual kapal selam kelas Soryu ke Australia. Negosiasi masih alot, perihal dimana kapal selam akan dibangun. Namun negosiasi masih macet karena Australia menginginkan kesepakatan 20 miliar Dollar Amerika itu dibuat di Australia sementara Mainichi Shimbun, sebuah surat kabar Jepang, melaporkan bahwa Tokyo telah mengusulkan membangun bersama-sama.

Para pejabat Amerika mendukung gagasan Australia membeli kapal selam Soryu Jepang, yang akan dilengkapi dengan sistem tempur AS, mengatakan akan membuat lebih mudah bagi militer AS jika sekutunya menggunakan peralatan yang sama.

Ada peningkatan koordinasi militer oleh Amerika Serikat, Australia dan Jepang dalam menghadapi agresif China.

“Australia adalah negara khusus bagi kita,” kata Kegoya. “Kami memiliki hubungan khusus dengan mereka dan AS, dan hubungan kerja sama trilateral yang lebih baik akan memberikan kontribusi besar terhadap keamanan kawasan Asia-Pasifik.”

Reuters baru-baru ini melaporkan bahwa Jepang berusaha untuk menjual P-1 pemburu kapal selam jet ke Inggris dalam sebuah kesepakatan yang bisa mencapai 1 miliar Dollar, meskipun belum ada keputusan yang dibuat.

Para pejabat Jepang juga telah bertemu dengan perwakilan dari perusahaan pertahanan Amerika, termasuk Lockheed Martin dan Boeing, dan telah berbicara tentang menjual pesawat amfibi ke India dan tank ke Turki.

“Bagi pemerintah Jepang, ini bukan hanya tentang penawaran ekspor,” kata Kegoya dari Departemen Pertahanan. “Ini memiliki banyak hubungannya dengan diplomasi luar negeri kita sehingga kita membuat kemajuan hanya secara bertahap.”

Untuk sebagian besar perusahaan yang terlibat dalam industri pertahanan, ini hanya akan berpengaruh pada sebagian kecil dari bisnis mereka secara keseluruhan. Untuk Mitsubishi Heavy Industries, misalnya, alutsista hanya 5 persen dari bisnis, dan selebihnya adalah produk-produk lain seperti AC dan kapal pesiar membuat sisanya.

Jadi sebenarnya perusahaan takut reaksi terhadap ekspor pertahanan yang akan mempengaruhi produk mereka yang lain.

Selama di Tamagawa, Arai merespons keadaan ini dengan sempurna, mengatakan ia “sangat gembira, tapi sangat gugup” tentang perubahan. “Saya sangat senang untuk memberikan senjata kami ke seluruh dunia,” katanya. “Sayangnya, senjata ini akan digunakan untuk membunuh orang, dan aku benar-benar benci ini.”[Washington Post]

  Jejaktapak  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...