Selasa, 20 Januari 2015

[World] Agen Intelijen Inggris Sadap Email Wartawan

http://www.computing.co.uk/IMG/703/142703/gchq-cheltenham-370x229.jpg?1331121147GCHQ Cheltenham ☆

Badan intelijen Inggris menyadap percakapan email para wartawan yang bekerja untuk beberapa media besar. Hal ini terungkap dalam dokumen rahasia Markas Komunikasi Pemerintah, GCHQ, yang dibocorkan Edward Snowden kepada The Guardian.

Dalam artikelnya, Senin (19/1), The Guardian mengatakan bahwa dokumen yang diberikan Snowden menunjukkan bahwa beberapa media besar asal Amerika Serikat dan Inggris menjadi sasaran penyadapan GCHQ.

Terdapat 70 ribu percakapan email wartawan yang terkumpul selama sepuluh menit dalam latihan mata-mata selama satu hari di bulan November 2008. Di antara media yang disadap adalah New York Times, Washington Post, Guardian, Sun, Le Monde, NBC, BBC dan Reuters.

Percakapan yang disadap mulai dari rilis pers hingga diskusi antara reporter dan editor tentang berita yang akan ditulis. Penyadapan dilakukan menggunakan kabel serat-optik, disimpan oleh GCHQ dan dibagikan melalui intranet sebagai bagian dari latihan.

Dalam dokumen tentang badan intelijen Inggris tersebut juga terungkap bahwa GCHQ menganggap wartawan investigasi sama berbahayanya dengan teroris dan peretas.

Dikonfirmasi soal dokumen tersebut, GCHQ mengatakan tidak akan berkomentar soal urusan intelijen.

"Seluruh pekerjaan GCHQ telah dilakukan sesuai dengan kerangka kebijakan dan hukum yang ketat, yang memastikan bahwa aktivitas kami dilakukan berdasarkan perintah, diperlukan dan proporsional, serta dengan pengawasan yang ketat," ujar GCHQ dalam pernyataannya.

Snowden membuat gempar pada 2013 saat dia membocorkan dokumen soal penyadapan dan praktik mata-mata oleh Badan Keamanan Nasional, NSA, dan mitranya di Inggris, GCHQ. Akibat hal ini, hubungan AS dengan beberapa negara terganggu setelah diketahui NSA menyadap beberapa pemimpin.

Menghadapi gugatan hukum di AS, Snowden melarikan diri dan mendapatkan suaka di Rusia tempat dia tinggal saat ini.

   CNN  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...