Senin, 05 Januari 2015

Misi Perdana KRI Usman Harun Gantikan KRI Bung Tomo Cari Korban AirAsia

http://images.detik.com/content/2015/01/05/10/160551_usmanc.jpgKRI Usman Harun akan melakukan misi kemanusiaan pertamanya yaitu dalam proses evakuasi jenazah korban AirAsia QZ8501 di perairan Selat Karimata. Kapal ini menggantikan KRI Bung Tomo yang sudah 7 hari 7 malam melakukan tugasnya.

Kapal bernomor 359 yang dikomandani oleh Kolonel Laut (P) Didong Rio Duta tersebut kini masih berlabuh di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang untuk mengisi logistiik. Ia mengatakan kru KRI Bung Tomo yang sudah melaksanakan tugas berat sudah selayaknya istirahat sehingga KRI Usman Harun dikerahkan untuk menggantikan.

"Menggantikan KRI Bung Tomo, mereka (kru) juga tidak berlibur tahun baru, kami diminta untuk menggantikan," kata Didong saat berada di KRI Banda Aceh yang juga berlabuh di Tanjung Emas Semarang, Senin (5/1/2014).

Didong menambahkan KRI Usman Harun sudah dilengkapi dengan peralatan sonar yang nantinya digunakan untuk mendeteksi benda yang diduga badan pesawat.

"Kalau aktif jangkauannya bisa 16 kiloyard. Yang berpengaruh adalah suhu, intensitas air laut, dan kadar garam," pungkasnya.

Ia berharap peralatan yang sudah disiapkan termasuk sonar itu bisa bekerja optimal sehingga memudahkan menemukan bagian besar pesawat AirAsia QZ 8501.(alg/aan)

  detik  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...