Rabu, 19 November 2014

Amerika Siap Bantu Pertahanan Maritim Indonesia

Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Robert O. Blake (kiri) (Dok.Pushumas Kemenhut)

D
uta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Robert Orris Blake menyatakan negaranya siap untuk membantu pertahanan wilayah maritim Indonesia seiring dengan konsep poros maritim dunia Presiden Joko Widodo.

"Kami siap untuk bekerja sama di wilayah maritim untuk menyokong visi Presiden Jokowi (tentang Indonesia poros maritim dunia)," kata Blake saat memberikan kuliah umum di Kampus Universitas Indonesia Depok, Rabu (19/11).

Ia menjamin Amerika siap memberikan peningkatan keamanan di wilayah perairan Indonesia dengan sumber daya dari angkatan militer Amerika.

Blake mengatakan Amerika akan memberikan bantuan semacam pelatihan militer khusus untuk meningkatkan pertahanan Tentara Nasional Indonesia.

"Sokongan pertahanan tersebut bisa berupa pelatihan militer khusus," ujar Blake.

Selain itu, ia juga menyebutkan siap memberikan bantuan peralatan untuk memperkuat pertahanan di wilayah perairan.

"Ini untuk memastikan keamanan wilayah perairan Indonesia, dan untuk mencegah penangkapan ikan oleh kapal asing," kata Blake.

Ia menyebutkan pertahanan wilayah perairan Indonesia menjadi penting mengingat letak geografis Indonesia yang dikelilingi oleh lautan.

Terlebih, ia juga mengatakan, Indonesia sedang membentuk konsep poros maritim dunia.

Blake mengatakan Indonesia mempunyai tantangan yang besar dalam bidang pertahanan wilayah perairan ketika berbagai kapal secara global melintasi wilayah Indonesia.

  Republika  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...