Sabtu, 06 September 2014

DSNS Belanda Kunjungi PUSPEKNUBIKA KOBANGDIKAL

Damen Schelde Naval Ship Building (DSNS) Belanda Jumat (5/9) siang mengunjungi Pusat Penyelamatan Kapal Nuklir Biologi dan Kimia (Puspeknubika) yang berada di bawah Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum) Komando Pengembangan dan Pendidikan Angkatan Laut (Kobangdika).

Kunjungan itu berlangsung selama dua jam. DSNS merupakan pabrik pembuat KRI Klas Sigma, diwakili Evers Vandem Broek (Direction Naval Sales) sedangkan Puspeknubika diwakili Komandan Kodikdukum Kobangdikal Kolonel Laut (T) kasih Prihantoro, SE MM.

Dalam kunjungan tersebut, team DSNS Belanda menginspeksi beberapa sarana dan prasarana yang dipunyai Puspeknubika, di antaranya Simulator kebocoran kapal, peralatan kebakaran sekala kecil, sekala besar, lorong penyelamatan, ruang dekontaminasi radiasi nuklir biologi dan kimia.

Adapun tujuan kunjungan tersebut selain melihat sarana dan prasarana yang dimiliki Puspeknubika Kobangdikal juga melihat standart kelayakan sebagai tempat pelatihan bagi personil TNI AL sebelum melaksanakan pengambilan kapal di DSNS Belanda.

Sementara itu Komandan Kodikdukum Kobangdikal Kolonel Laut (T) Kasih Prihantoro, SE MM menyambut baik kunjungan tersebut. Menurutnya Puspeknubika sebagai tempat pelatihan peran penyelamatan kapal dari Kebakaran mempunyai peran sangat penting untuk melatih awak kapal perang guna mengatasi kebocoran radiasi Nuklir Bilogi dan Kimia.

“Baik siswa yang sedang menempuh pendidikan di Kobangdikal maupun Anggota Tetap yang berdinas di KRI harus memahami tentang radiasi Nuklir Bilogi dan Kimia, apabila dinyatakan memenuhi standart maka Pusat Penyelamatan Kapal Nuklir Biologi dan Kimia siap mendidik memberikan pembekalan bagi personil TNI AL sebelum melaksanakan proyek Pengambilan KRI,” katanya.(hjr)

  ★ kominfo  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...