Rabu, 13 Agustus 2014

[World News] Bom gagal dijinakkan, wartawan tewas

Gencatan senjata tiga hari dipatuhi, namun nyawa tetap berjatuhan di Gaza. gazaSebuah rudal Israel yang sedang dijinakkan di Gaza, meledak dan menewaskan enam orang termasuk wartawan dan tim penjinak bom.

Dua wartawan yang jadi korban adalah penerjemah Palestina Ali Shehda Abu Afash, dan Simone Camilli, seorang wartawan video warga Italia yang bekerja untuk berbagai lembaga, termasuk kantor berita AP.

Peristiwa itu terjadi di Beit Lahiya, kawasan selatan Jalur Gaza, beberapa jam sebelum berakhirnya gencatan senjata tiga hari antara Israel dan Palestina.

Simone Camilli (35) merupakan jurnalis asing pertama yang terbunuh sejak krisis Gaza meletus dengan serbuan besar-besaran Israel, 8 Juli lalu.

Sementara itu perundingan tak langsung Israel dan Hamas di Kairo masih berlangsung, untuk mencari penyelesaian lebih berjangka panjang.

Namun delegasi kedua belah pihak menemui hambatan pelik: Hamas menuntut penuh pencabutan blokade Israel, sementara Israel menuntut demilitarisasi Hamas.

Menurut PBB, sekitar 2.000 orang tewas sejak meletusnya kekerasan: lebih dari 1900 Palestina --sebagian besar warga biasa; dan 67 warga Israel, 64 di antaranya serdadu.


  ★ BBC  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...